Ramaikan Hari Buruh, Pemkot Bekasi Berikan Hiburan dan Door Prize

290

BEKASI Redaksi.co.id – Para buruh merayakan Hari Buruh Internasional ‘May Day’ di plaza Pemerintah Kota Bekasi pada Jumat (01/05/2015).

Adapun buruh yang mengikuti kegiatan itu tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (SBDSI) dan Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI).

Para buruh Kota Bekasi menikmati UMR 2,9 juta rupiah lebih pada tahun 2015, karena itu pada ‘May Day’ kali ini berlangsung tertib dan nyaris tanpa aksi demo. Apalagi Pemkot Bekasi memberikan hadiah dan panggung hiburan di Plaza Pemkot Bekasi.

Koordinator Lapangan, Supriyatna mengatakan, pihaknya baru pertama kali memperingati ‘May Day’ di Pemkot Bekasi.

“Kami hargai pemerintah mau berpartisipasi dalam memperingati May Day,” ujar Supriyatna

Sementara itu, Wakil Walikota Bekasi, Akhmad Syaikhu mengatakan terkait perayaan hari buruh pengamanan sudah siap dari pihak kepolisian.

“Kota bekasi hanya kota lintasan menuju Jakarta, apalagi saat ini kita menyiapkan panggung untuk mereka (buruh) orasi, menyampaikan pesan dan hiburan bagi buruh, serta ada beberapa door prize sepeda,” ungkap Akhmad Syaikhu.

Dan Akhmad Syaikhu berharap, kesejahteraan buruh meningkat di Kota Bekasi diimbangi dengan keprofesionalitasan buruh.

“Kalo masalah tuntutan UMR sudah tinggi bahkan ke dua setelah Karawang di Jawa Barat dan 2,9 juta rupiah lebih relatif bagus untuk kondisi sekarang,” tambahnya

menurut Akhmad Syaikhu, Pemkot melalui Dinas Tenaga Kerja juga sudah berkomunikasi dan memfasilitas para buruh dan pengusaha atau perusahaan.

“Kita akan coba menambah bagian pengawas hubungan industrial agar kenyamanan para buruh dapat lebih terjamin. Sementara untuk tuntutan Rumah Sakit swasta menerima BPJS yang di tuntut para buruh kita sudah upayakan dengan langsung berbicara dengan kepala BPJS,” kata Akhmad Syaikhu

Sementara itu Kapolres Kota Bekasi Kombes Pol Rudi Setiawan, mengungkapkan ada sekitar 918 orang dari pihak Polres, Polsek, Dishub dan Pol PP menjaga keamanan dan ketertiban para buruh dalam merayakan hari kebesarannya.

Data yang ada menurutnya 4800 buruh yang akan berunjuk rasa ke Jakarta terutama di Monas dan HI.

“Ada sekitar 1800 orang hanya berorasi di Bekasi yang sudah di akomodir oleh Pemerintah Kota Bekasi untuk merayakan hari buruh dengan disiapkan panggung,” ungkapnya .

Pihaknya berharap agar dalam perayaan hari buruh dapat merayakan dengansuasana aman dan tertib. (Agus S)

loading...

Comments

comments!