Persamaan Matematika Ini Bikin Heboh Dunia Maya

326

redaksi.co.id – Persamaan Matematika Ini Bikin Heboh Dunia Maya

Suatu persamaan matematika yang terkesan sederhana mengundang kegaduhan di dunia maya. Kenapa?

Karena ternyata walaupun dinilai sederhana, pertanyaan 9 – 3 : 1/3 + 1 = ? yang berasal dari Jepang tersebut menimbulkan beragam jawaban dan hanya sekitar 60% orang dewasa yang menjawab dengan benar.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (14/5/2016), pilihan jawaban yang ada misalnya angka 3 atau 9. Namun, jawaban atas persamaan tersebut sebenarnya mengacu kepada aturan dasar yang mungkin dipelajari di sekolah dasar, tapi terlupa.

Aturan dasar yang menjelaskan tata urutan operasi matematika yang harus diikuti dalam menyelesaikan soal ini disingkat, BODMAS. Inilah cara penyelesaian yang benar:

Dalam bahasa Inggris, BODMAS adalah singkatan dari brackets, others, division and multiplication, lalu addition and subtraction. Artinya, mulai dengan tanda kurung, lalu pembagian dan perkalian, lalu penambahan dan pengurangan.

Dengan menggunakan aturan itu, kita pertama harus membagi angka 3 dengan pecahan 1/3 sebelum lanjut ke bagian lain.

Cara mudah membagi angka 3 dengan pecahan 1/3 dilakukan dengan mengikuti aturan lain yang dulu diajarkan, yaitu dengan menjungkirbalikkan pecahan itu menjadi perkalian. Dengan demikian, didapatlah 3 x 3 = 9.

Persamaan itu kemudian menjadi 9 – 9 + 1, yang memberikan jawaban yang benar, yaitu 1.

Ingat, penambahan dan pengurangan memiliki prioritas yang setara, sehingga persamaan ini diselesaikan dengan bergerak dari kiri ke kanan.

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah ketika membagi 3 dengan 1, yaitu 3 : 1. Harusnya, pembagian 3 : 1/3.

Berikut ini adalah kesalahan yang sering dilakukan:

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!