6 Negara dengan Pemimpin Wanita Terbanyak

redaksi.co.id - 6 Negara dengan Pemimpin Wanita Terbanyak Permasalahan kesetaraan gender dalam pekerjaan terus menjadi isu yang hangat diperbincangkan. Banyak orang terutama wanita yang masih merasa...

14 0

redaksi.co.id – 6 Negara dengan Pemimpin Wanita Terbanyak

Permasalahan kesetaraan gender dalam pekerjaan terus menjadi isu yang hangat diperbincangkan. Banyak orang terutama wanita yang masih merasa dikesampingkan dalam karier. Kurangnya kesempatan kerja pada wanita dan jarak yang dominan menyebabkan hal ini dapat terjadi.

Walaupun begitu, ada beberapa negara di dunia yang memberikan kesempatan kerja yang besar bagi para wanita. Hal ini dapat terlihat dari persentase bos perusahaan yang banyak ditempati wanita.

Melansir Worldatlas, Jumat (13/5/2016), berikut negara yang memiliki jumlah pemimpin wanita yang banyak:

6. Kyrgyzstan

Posisi enam ditempati Kyrgyzstan. Jumlah pemimpin wanita di negara tersebut mencapai 29 persen. Negara yang berada di Asia tengah ini memang dikenal sebagai salah satu negara dengan kesetaraan gender yang tinggi.

Banyak wanita di negara ini yang mampu menduduki posisi penting di pemerintahan atau perusahaan besar.

5. Myanmar

Di Myanmar, ada struktur sosial tersendiri yang membuat wanita mampu untuk mendapat posisi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tidak heran bahwa beberapa wanita di Myanmar mampu menduduki posisi yang penting.

Beberapa diantaranya seperti Ma Pho Phyu yang bekerja di perusahaan real estate besar, ataupun Phyu Phyu Tin, pengusaha pemilik bisnis restoran terkenal di negara tersebut.

4. Latvia

Posisi keempat ditempati Latvia. Di negara ini jumlah pengusaha wanita hampir menyamai pengusaha laki-laki. Jarak antar gender juga hampir tidak bisa dibedakan. Di Latvia, wanita menempati persentase 32 persen sebagai pimpinan perusahaan.

3. Georgia

Negara kecil di perbatasan benua Asia dan Eropa ini merupakan surga bagi para wanita yang ingin mengembangkan karier dengan cepat. Tak ayal, 32 persen dari bos perusahaan besar di Georgia ditempati oleh wanita. Pemerintah disana juga terus memastikan kesetaraan gender antara pria dan wanita.

2. Belarus

Pada tahun 2000, dikeluarkanlah sebuah kesepakatan untuk menghapus diskriminasi di tempat kerja. Sejak saat itu, wanita memiliki kesempatan yang sama dalam bekerja seperti layaknya laki-laki. Di Belarus, persentase pemimpin wanita mencapai 33 persen.

1. Mongolia

Peringkat pertama ditempati oleh Mongolia. Negara kecil yang terletak di perbatasan China dan Rusia ini merupakan surga dari pekerja wanita. Bagaimana tidak, persentase pemimpin wanita di negara ini mencapai 36 persen. Paling tinggi dibanding negara-negara lainnya. (vna/nrm)

(red/atno/wi/anto/RDS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!