Sejarah Hari Ini (10 Mei): Scudetto AC Milan Di "Neraka" San Paolo

redaksi.co.id - Sejarah Hari Ini (10 Mei): Scudetto AC Milan Di "Neraka" San Paolo Tepat 24 tahun lalu, pada gelaran Serie A Italia musim 1992/93,AC Milan...

28 0

redaksi.co.id – Sejarah Hari Ini (10 Mei): Scudetto AC Milan Di "Neraka" San Paolo

Tepat 24 tahun lalu, pada gelaran Serie A Italia musim 1992/93,AC Milan berhasil meraih gelar Scudetto ke-12 dengan cara yang luarbiasa.

Bukan tanpa alasan, karena ketika itu I Rossonerri begitu perkasa dengan menyudahi kompetisi tanpa kalah sekali pun! Tak adanoda yang mereka dapat dalam 34 giornata yang dilalui.

Lebih spesial karena Milan memastikan Scudetto melawan tim yang kala itu sangat kuat, Napoli, pada giornata 32.

Bermain di tengah puluhan ribu Napoleotan yang mengintimidasi IlDiavolo Rosso, San Paolo seakan berubah jadi “neraka”.

Namun Milan dengan mental juaranya disertai trio legendaris Belanda sukses menunjukkan kelas dan kepantasan Scudetto di depan Gianfranco Zola cs.

Milan yang ketika itu hanya butuh hasil imbang, menjalani laga dengan sangat baik. Unggul terlebih dahulu melalui Frank Rijkaarddi menit ke-37, tim asuhan Fabio Capello lantas bertahan dengan sangat baik.

Pada akhirnya Napoli yang mengepung pertahanan Milan sepanjang laga memang mampu menyamakan skor menjadi 1-1, lewat tandukan Laurent Blanc di menit 62.

Tapi kedudukan seri tersebut bertahan hingga pertandingan usai dan Milan pun merayakan Scudetto ke-13 lebih dini.

Juventus yang jadi pesaing utama mereka tak mungkin lagi mengejar, lantaran tertinggal 10 poin dengan Serie A yang tinggal menyisakan sepasang giornata. Perlu diketahui bahwa kemenangan di Serie A dahulu hanya dinilai dua poin.

Scudetto itu itu jadi awal mula hat-trick Scudetto Milan, dengan mencatat 58 tak terkalahkan di semua kompetisi, plus raihan satu gelar Liga Champions.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!