7 Fakta Menarik Dibalik Keberhasilan Barcelona Menjuarai La Liga

redaksi.co.id - 7 Fakta Menarik Dibalik Keberhasilan Barcelona Menjuarai La Liga Barcelona berhasil merengkuh gelar juara La Liga Spanyol musim ini usai mengalahkan Granada pada pekan...

10 0

redaksi.co.id – 7 Fakta Menarik Dibalik Keberhasilan Barcelona Menjuarai La Liga

Barcelona berhasil merengkuh gelar juara La Liga Spanyol musim ini usai mengalahkan Granada pada pekan terakhir. Hasil tersebut membuat dominasi Barca di La Liga dalam delapan musim terakhir masih sulit dibendung.

Menghadapi Granada di Estadio Nuevo Los Carmenes, Sabtu (14/5/2016) malam WIB, Los Cules wajib menang jika ingin keluar sebagai kampiun liga musim ini. Sebab, mereka hanya unggul satu poin dari Real Madrid yang berada di peringkat kedua.

Bermain dominan sejak menit awal, Barcelona sukses mengunci kemenangan dengan skor 3-0. Tiga gol skuat Catalan dicetak oleh Luis Suarez pada menit ke-22, 38′, dan 86′.

Hasil positif tersebut membuat posisi Barca di puncak klasemen akhir La Liga sudah tak tergoyahkan. Barcelona mengoleksi 91 poin hasil dari 38 laga. Mereka unggul satu poin atas Real Madrid yang berada di peringkat kedua, serta tiga angka atas Atletico Madrid yang menempati posisi ketiga.

Barcelona juga berpeluang menutup musim ini dengan meraih dua trofi juara. Namun syaratnya, mereka harus mengalahkan Sevilla dalam laga final Copa del Rey yang dihelat di Vicente Calderon pada 22 Mei 2016.

Berikut ini fakta menarik kesuksesan Barcelona menjuarai La Liga Spanyol musim 2015-2016:

1. Barcelona meraih gelar La Liga yang ke-24, serta yang keenam dalam delapan musim terakhir. Sementara itu, Real Madrid dan Atletico Madrid hanya memenangkan satu trofi juara pada periode yang sama.

2. Luis Suarez telah mencetak 26 hat-trick sepanjang kariernya sebagai pesepak bola, dan yang kesembilan bersama Barcelona.

3. Andres Iniesta dan Lionel Messi berhasil merengkuh trofi La Liga yang kedelapan. Keduanya juga menyamai prestasi Xavi Hernandez yang meraih delapan gelar La Liga bersama Barcelona.

4. Luis Suarez adalah pemain ketiga yang mencetak 40 gol dalam satu musim di La Liga, setelah Lionel Messi (2011-2012, 2012-2013, 2014-2015), dan Cristiano Ronaldo (2010-2011, 2011-2012, 2014-2015).

5. Berkat torehan 40 gol tersebut Luis Suarez berhak atas predikat El Pichichi atau top skorer La Liga musim ini. Suarez juga menjadi penyerang paling subur di lima liga top Eropa.

6. Dani Alves menjadi pemain bertahan yang paling banyak menjadi kreator gol di seluruh ajang kompetisi pada musim ini. Alves mampu delapan kali melepaskan assist yang berbuah gol.

7. Trio (Lionel Messi – Luis Suarez – Neymar) Barcelona mampu mendulang 90 gol di La Liga musim ini, dengan rincian Messi 26 gol, Suarez 40 gol, dan Neymar 24 gol. Jumlah tersebut unggul jauh atas Trio BBC (Karim Benzema – Gareth Bale – Cristiano Ronaldo) Real Madrid yang mengoleksi 78 gol di liga musim ini.

Sumber: Opta, Sky Sports Statto, Squawka

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!