Editor Says: Gaya Oki Setiana Dewi Hadapi Haters

redaksi.co.id - Editor Says: Gaya Oki Setiana Dewi Hadapi Haters Artis berseteru dengan haters (netizen yang selalu berkomentar miring pada seorang artis) adalah persoalan yang tak...

162 0

redaksi.co.id – Editor Says: Gaya Oki Setiana Dewi Hadapi Haters

Artis berseteru dengan haters (netizen yang selalu berkomentar miring pada seorang artis) adalah persoalan yang tak ada habisnya. Bermacam gaya dan cara artis menghadapi musuh mereka di dunia maya itu. Bagaimana Oki Setiana Dewi menghadapi haters yang selalu mengganggap salah apa yang dia lakukan?

***

Masih segar dalam ingatan kita saat Ruben Onsu dan juga Ayu Ting Ting menyambangi kantor polisi karena ulah haters yang sudah teramat sangat membuat mereka kesal dan marah. Bayangkan saja anak semata wayang mereka yang lucu, tiba-tiba fotonya terpajang di salah satu situs penjualan bayi online. Ruben Onsu dan Wenda Tan yang baru dikarunia anak itu, bukan main marahnya.

Hal yang sama terjadi pada pedangdut Ayu Ting Ting. Ayu yang sedang senang-senangnya dengan putri pertamanya dari pernikahan dengan Enji, juga tak bisa tenang mengetahui foto Bilqis Humairah Razak terpampang di salah satu situs jual-beli bayi.

Ruben yang didampingi kuasa hukum kemudian menyambangi kantor polisi untuk melaporkan orang yang tak bertanggungjawab yang memajang foto bayi kesayangannya di situs jual beli online. Ayu Ting Ting juga tak mau kalah langka dari sahabatnya itu. Meski sibuk keduanya meluangkan waktu untuk melaporkan perbuatan tak terpuji itu.

Mulan Jameela, Julia Perez, Bella Shofie, Aurel Hermansyah, Ashanty, Agnez Mo, Indah Dewi Pertiwi, Aliando Syarief, Prilly Latuconsina, Deddy Corbuzier, dan masih banyak artis lain yang terlibat perseteruan dengan haters. Mereka punya gaya sendiri, bagaimana menghadapi kegilaan dan keganasan para haters.

Ada yang bersikap cuek dan tak mau peduli dengan apa pun yang dikatakan para haters. Namun ada juga yang melakukan langkah berani melaporkan ke polisi seperti yang dilakukan oleh Ayu Ting Ting, Ruben Onsu, Bella Shofie dan kemudian Prilly Latuconsina.

Tapi yang paling menghebohkan diantara sekian artis adalah langkah yang dilakukan Deddy Corbuzier dalam memperlakukan haters. Cerita ini berawal ketika Chika Jessica yang memang sedang punya dekat dengan Deddy sedang menunaikan ibadah umroh di tanah suci. Namanya juga artis aktifitas yang bersifat pribadi itu tak lupa diabadikan kamera telepon pintarnya, dan kemudian di-share ke media sosial miliknya. Di laman Instagram milik Chika itulah para warga dunia maya mulai mem-bully Chika. Salah seorang yang sungguh terlalu dalam mem-bully adalah pria bernama Antho. Pria ini langsung dipantau oleh Deddy Corbuzier dan team IT-nya.

Saat itu Antho menyeret-nyeret nama sang mentalis dalam foto yang diunggah Chika Jessika di lama Instagramnya. Deddy bersama team IT-nya langsung bergerak cepat. Dan dalam hitungan hari pria bernama Antho yang profesinya karyawan bank swasta di Jambi itu pun ditangkap. Kemudian dibawa ke Jakarta dan dipamerkan (baca; dipermalukan) di hadapan insan media.

Pertanyaannnya apakah orang seperti Atho dan juga haters yang lain kapok dan berhenti mem-bully para selebriti? Ternyata tidak juga. Untuk seorang Antho mungkin menjadi shock terapy sekali. Dan dia benar-benar dipermalukan akibat tindakannya yang ceroboh. Tapi bagi netizen yang lain kejadian itu seperti angin lalu.

Tak ada angin dan tak ada hujan, tiba-tiba perjalanan karier Oki Setiana Dewi di pentas dakwah mendapat cobaan, kali ini juga karena ulah dari haters. Dakwah yang dilakukan Oki dikritisi, proses Oki menimba ilmu di Universitas Ummul Quro Mekkah dipertanyakan, tulisannya dituding menggunakan penuis tamu. Dan Oki dikatakan tidak pantas menjadi seorang ustazah.

Oki mendapat petisi melalui laman www.Change.org. Bunyi petisi itu tak main-main; “Stop Tayangan Ustazah Abal-abal Oki Setiana Dewi.” Dan dari hari ke hari kian banyak yang setuju dengan akun yang tendensius dan mengarah ke fitnah itu.

Padahal sudah delapan windu kiprahnya di dunia dakwah yang kemudian merambah ke tulis menulis (menulis novel), menjadi bintang film dan kemudian sinetron pula nyaris tanpa halangan berarti. Meski kariernya terus berkembang namun perempuan kelahiran Batam, 13 Januari 1989 ini sama sekali tidak menafikan dunia dakwah. Ia malah makin konsisten dengan dakwah dan menyampaikan ajaran Islam kepada ummat.

Oki mulanya tak terlalu peduli dengan petisi yang mempertanyakan eksistensinya di pentas dakwah. Namun sang suami tercinta Ory Vitro Abdullah lama-lama gerah juga dengan ulah sang haters yang dari hari ke hari makin menjadi. Akhirnya Oki memberikan klarifikasi kepada Bintang.com, soal petisi dari seorang haters itu.

Oki mungkin gerah dan kesal dengan ulah yang dilakukan haters itu. Namun Oki begitu pandai menyimpan amarahnya, dengan senyum yang menawan ia memberikan tanggapan soal petisi itu. Ibu dia anak itu menyerahkan semua ini kepada Allah SWT, sebagai pelindung. Justru Oki mengambil hikmah dari petisi yang diarahkan kepada dirinya.

Dengan jawaban yang menyejukkan dan lembut seperti ini, justru Oki banyak mendapat simpati dari pembaca. Artikel klarifikasi Oki Setiana Dewi dituduh Ustaz Abal-abal mendapat respon positif dari pembaca.

Oki beruntung punya suami yang begitu mendukung kiprahnya dalam dunia dakwah. Segala aktifitasnya mendapat support penuh dari sang suami. Sekarang kita tetap fokus dengan aktifitas dakwah yang sudah dilakukan selama ini. Kita akan menutupi kritikan dan bully-an yang dilakukan haters dengan karya dan karya. Lama-lama dia capek sendiri dengan kelakuannya, kata Ory Vitrio.

Oki dan Ory punya alasan sendiri megapa dia mengambil langkah mendiamkan. Bukan seperti Ruben Onsu, Ayu Ting Ting atau melakukan langkah drastis seperti Deddy Corbuzier yang mempermalukan haters. Lain orang tentu lain cara untuk menghadapi masalah. Oki dengan kematangannya meski usianya masih relatif belia, lebih memilih langkah bijak dalam menghadapi ulah haters.

Edy Suherli,

Redaktur Kanal Celeb Bintang.com

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!