4 Gaya Selebrasi Gol Paling Unik di Persib

redaksi.co.id - 4 Gaya Selebrasi Gol Paling Unik di Persib Persib Bandung tidak pelak lagi jadi favorit warga Bandung dan bahkan Jawa Barat. Di manapun tim...

194 0

redaksi.co.id – 4 Gaya Selebrasi Gol Paling Unik di Persib

Persib Bandung tidak pelak lagi jadi favorit warga Bandung dan bahkan Jawa Barat. Di manapun tim Maung Bandung bermain, bobotoh setia mendampingi. Para pemain yang datang dan pergi silih berganti, ikut jadi perhatian bobotoh. Ada yang jadi pujaan, ada pula yang seolah terlupakan.

Yang pasti, ada satu yang tetap diingat bobotoh Persib, bahkan pencinta sepak bola di Tanah Air, hingga kini. Salah satunya adalah gaya selebrasi pemain Maung Bandung setiap kali mereka mengekpresikan kegembiraan sesuai mencetak gol.

Selebrasi paling kontroversial adalah acungan jari tengah Adjat Sudrajat ke arah pemain-pemain Arema pada 1990.

Di era Liga Indonesia, ISL hingga turnamen seperti saat ini, selebrasi pemain-pemain Persib masih menjadi bahan perbincangan. Tetapi, tidak dalam konteks kontroversial seperti selebrasi Adjat, melainkan gaya-gaya unik sang pemain.

Semisal ekspresi David Laly seusai menceploskan gol spektakuler ke gawang Bali United (14/5/2016) malam. Eks pemain PBR itu seolah terpana tak percaya baru saja melesakkan tembakan apik yang berujung gol.

Alhasil, alih-alih melakukan selebrasi heboh, ia hanya tertawa sambil menggelengkan kepala.

Berbagai gaya selebrasi tersebut cukup membuat bobotoh dan penikmat sepak bola Indonesia terhibur. Ingin melihat gaya selebrasi unik para pemain Persib yang lain? Ini daftarnya:

1. Suster Ngesot

Gaya ini jadi andalan Nova Arianto. Pemain kelahiran Semarang ini pernah membela Pangeran Biru pada 2002-2006. Sosoknya yang tinggi plus tegap membuatnya menjadi salah satu pemain andalan di lini belakang.

Gaya bermain Nova yang lugas dan cenderung keras, membuat para penyerang lawan seperti enggan berhadapan secara langsung dengan putra pelatih legendaris Indonesia, Sartono Anwar.Tetapi, Nova tidak hanya jago dalam mengawal striker lawan dan daerah pertahanan saja. Ia juga menikmati mencetak gol ke gawang lawan.

Mengandalkan tinggi badannya, Nova kerap maju ke kotak penalti lawan saat mendapat keuntungan tendangan bebas atau sepak pojok untuk meneruskan bola umpan.

Yang menarik, tentu luapan kegembiraan Nova usai berhasil mencetak gol. Tidak seperti para penyerang lain yang melakukan gaya selebrasi kuno, Nova membuatnya lebih menarik dengan melakukan gaya suster ngesot.

Gaya tersebut menjadi ciri khas Nova. Ketika itu tokoh suster ngesot yang muncul dalam sebuah film produksi nasional, sangat ternama. Dengan selebrasi unik itu, Nova pun mendapat julukan dari para bobotoh, yakni Nova Suster Ngesot.

2. Jaipong

Bila mengingat selebrasi gol unik ini, nama Redouane Barkaoui langsung muncul. Hal ini karena memang penyerang asal Maroko inilah yang jadi pemilik selebrasi Jaipong. Striker yang identik dengan rambutnya yang dikucir itu kerap menampilkan aksi fenomenal di depan gawang lawan.

Perkenalan Barkoui dengan bobotoh adalah saat ia menceploskan bola ke gawang Arema di musim pertamanya. Ia melakukan selebrasi dengan membuka jersey Persib lalu berlari ke tribun bobotoh sambil memanjat pagar yang dipenuhi bobotoh.Awal perkenalan yang indah dari ‘Mat Kuncir’.

Tetapi, yang menjadi keunikan Barkoui bukan rambut gondorongnya atau gayanya mendribbling bola, melainkan selebrasi unik bak penari Jaipong. Barkoui yang kadung cinta dengan Bandung itu menarikan gerakan gemulai dari tarian masyarakat Jabar itu bila berhasil menjebol gawang lawan.

Selebrasi semacam itu cukup unik dan fenomenal karena baru pertama kalinya pemain asing melakukan selebrasi dengan menari jaipong. Meski tak selentur penari aslinya, tarian Barkoui cukup menandakan bahwa ia sudah begitu mencintai kebudayaan Sunda, kota Bandung, dan juga Persib.

3. Jari telujuk dan sujud

Cristian Gonzalez adalah bomber haus gol. Sejak datang ke Persib pada 2008 dari Persik Kediri, Gonzalez total sudah mencetak lebih dari 40 gol di Bandung. Torehan yang oke punya itu membuatnya jadi salah satu idola pendukung Persib.

Pemain yang punya nama Islam, Mustafa Habibi, itu juga punya selebrasi unik. Gaya unik itu adalah menunjuk dengan jari telunjuk ke atas dan lalu bersujud. Salam telunjuk yang berarti tauhid, yakni percaya kepada satu Tuhan.

Selebrasi tersebut dilanjut dengan bersujud sebagai ucapan syukur Cristian Gonzalez.

Gaya tersebut pertama kalinya ia gunakan saat masih membela Persik Kediri. Di Persib ia pun tak lepas dengan selebrasi tersebut.

Gonzalez memang sosok pemain yang sangar jika di lapangan, tak jarang selebrasinya dinanti bobotoh dan penikmat sepak bola nasional, selain gol-golnya ke gawang lawan.

4. Gaya ala CR7 Cristiano Ronaldo

Gaya Cristian Ronaldo yang melonjat sambil berputar dan berakhir dengan merentangkan tangan boleh dibilang tanda bahwa ia adalah yang terbaik dalam urusan mencetak gol. Kemegahan tersebut benar-benar terlihat dari selebrasi Ronaldo.

Selebrasi CR7 itu diikuti bintang Persib, Zulham Zamrun. Di sepak bola Indonesia, tak perlu lagi mengatakan selebrasi itu milik Ronaldo, karena Zulham sudah sangat sering mempraktekan gaya tersebut jika mencetak gol untuk Persib.

Kepada bola.com, Zulham pernah mengungkapkan bila inspirasi selebrasi itu memang datang dari CR7 karena ia mengaku penggemar berat Ronaldo. Dengan gayanya itu, sudah pasti Zulham Zamrun menjadi bahan perbincangan, selain gol-golnya yang dinanti bobotoh.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!