SBY: Ekonomi RI Tumbuh Lebih Tinggi dari Negara Eropa

redaksi.co.id - SBY: Ekonomi RI Tumbuh Lebih Tinggi dari Negara Eropa Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan Indonesia masih akan menghadapi beberapa tantangan di 2016....

18 0

redaksi.co.id – SBY: Ekonomi RI Tumbuh Lebih Tinggi dari Negara Eropa

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan Indonesia masih akan menghadapi beberapa tantangan di 2016. Tantangan itu terutama yang berkaitan dengan ekonomi. Meski begitu SBY menyebut ekonomi RI tumbuh lebih baik dibanding dengan negara di Eropa hingga Amerika Latin.

SBY mengatakan, salah satu yang mesti dikhawatirkan dalam perkembangan ekonomi adalah dari faktor eksternal, yaitu perkembangan ekonomi Tiongkok.

Selain itu, isu yang patut diwaspadai adalah akan dilaksanakannya pemilihan umum Presiden Amerika Serikat (AS) yang akan diselenggarakan November 2016.

“Tentu ini akan mempengaruhi negara-negara di dunia, termasuk negara berkembang seperti Indonesia,” kata SBY, Dalam pidatonya di seminar internasional ‘Feeding The Zone: International Cooperation, Innovation, Investment in Indo-Pacific Agriculture’ di Djakarta Theater Sabtu (14/5/2016).

Selain itu, isu-isu politik yang akan berpengaruh pada sentimen ekonomi dikatakan SBY seperti penumpasan ISIS, pergantian Sekjen PBB Ban Ki Moon dan masih banyaknya aksi terorisme di beberapa negara.

Namun begitu, SBY mengungkapkan daya tahan ekonomi Indonesia lebih baik dibandingkan beberapa negara berkembang di dunia. Pengalaman dalam menghadapi krisis 1998 dan 2008 dinilai perlu menjadi bekal utama.

“Ekonomi kita tumbuh lebih tinggi dari negara-negara yang ada di Eropa, Amerika Latin, Rusia, dan negara persemakmuran. Ini bukti ketahanan ekonomi kita,” paparnya.

Terakhir, International Monetary Fund (IMF) yang mengoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi global dari 3,4 persen menjadi 3,2 persen, juga harus mendapat perhatian dari Pemerintahan saat ini.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!