Waspadai 8 Alasan Keuangan Ini Agar Hubungan Langgeng

87

redaksi.co.id – Waspadai 8 Alasan Keuangan Ini Agar Hubungan Langgeng

Liputan6.com, Jakarta –Pernah mendengar sebuah kasus perceraian yang terjadi antara satu pasangan dengan alasan keuangan? Alasan ini juga menjadi salah satu keputusan yang diambil untuk akhirnya mengakhiri hubungan.

Apakah ini karena tidak bisa terpenuhinya kebutuhan sebagai istri, atau sebaliknya suami yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup dalam urusan rumah tangga mereka.

Rasanya egois jika hanya karena urusan ini, akhirnya hubungan yang sudah lama berjalan berakhir begitu saja.

Jika perencanaan keuangan juga diterapkan dalam segala hal, termasuk dalam urusan rumah tangga, sepertinya perpisahan semacam itu tidak perlu terjadi.

Jika semuanya dianggarkan, maka keperluan yang memang Anda butuhkan, sekalipun sesuatu yang Anda inginkan tetap bisa Anda dapatkan, tanpa menjadi masalah besar di antara Anda berdua.

Lantas, apa saja hal yang perlu Anda waspadai agar perpisahan tidak terjadi kepada Anda, berikut ini delapan hal yang harus Anda waspadai agar hubungan Anda tetap langgeng dengan pasangan Anda seperti dikutip dari www.cermati.com, Jumat (13/5/2016):

1. Apakah Uang Menjadi Prioritas Anda Sebelum Memiliki Pasangan?

Jika Anda menjadikan uang sebagai prioritas, lalu hubungan Anda berjalan di belakangnya, tidak peduli bagaimana Anda membuatnya menjadi nyaman untuk diri Anda sendiri.

Jika Anda adalah seorang pria, yang waktunya habis untuk menghitung biaya kesehatan dan perhiasan yang diberikan untuk pasangan Anda, hanya agar pasangan Anda tetap bersama Anda, maka hubungan Anda sangat mengkhawatirkan.

Adanya uang yang masing-masing Anda berdua miliki memang tidak salah jika digunakan oleh berdua. namun, jika kehidupan Anda berdua hanya seputar uang, hingga uang yang mengontrol Anda berdua, jangan terkejut jika Anda akan banyak bersedih setelahnya.

2. Apakah Anda Memilih Pasangan Untuk Uang?

Uang adalah sesuatu yang menyenangkan tidak hanya dalam kehidupan secara umumnya, namun juga untuk kehidupan rumah tangga.

Jika Anda berdua punya uang, Anda bisa membayar tiket untuk berlibur ke luar negeri bersama, atau membangun sebuah rumah untuk tinggal berdua, saat sudah berkeluarga nanti.

Bagaimana pun, jika Anda memutuskan untuk memilih seseorang karena keadaan keuangannya yang baik dan mampu memberi kebahagiaan untuk Anda dan keluarga Anda dari keuangan tersebut, maka lupakan cinta sejati Anda dan jangan berharap memiliki hubungan yang langgeng.

Sedikit demi sedikit, Anda akan merasa sedih dan hampa, Uang tersebut tidak akan mengisi kehampaan Anda. Mungkin terdengar tidak membahagiakan, tapi uang tidak bisa membeli cinta sejati. Seseorang akan lebih dihargai bukan karena Uangnya, namun karena keistimewaan dirinya sendiri.

3. Apakah Anda Bersaing Soal Uang dengan Pasangan Anda?

Pasangan Anda bukanlah pesaing Anda. Tidak bisa dibandingkan, mana yang lebih banyak memiliki Uang di antara Anda berdua. jika Anda mampu menghasilkan uang lebih banyak dari pasangan Anda, tapi Anda tidak berhak untuk mengenali pekerjaan pasangan Anda untuk membandingkan hasilnya dengan yang Anda dapat.

Walaupun hasilnya besar atau kecil dari pekerjaan yang pasangan Anda lakukan, sebaiknya satu sama lain saling mendukung hingga mencapai kesuksesan bersama, bukankah itu lebih baik?

4. Apakah Anda Marah Saat Pasangan Anda Menggunakan Uang Anda?

Dalam sebuah hubungan akan menjadi lebih baik jika ada aturan yang memungkinkan Anda berdua bertanggung jawab terhadap keuangan Anda berdua. sebaliknya, risiko yang akan Anda rasakan adalah banyak beropini, khawatir atau marah, jika uang milik Anda digunakan oleh pasangan Anda.

Ketika Anda berdua, datang dari background keluarga yang berbeda, dan ada campur tangan pasangan dan keluarganya dalam penggunaan uang tersebut, ini bisa jadi masalah. Untuk apapun uang yang pasangan Anda gunakan, beritahukan padanya setiap uang yang digunakan harus jelas penggunaanya.

5. Apakah Anda Sering Menghabiskan Banyak Uang?

Pernahkah Anda berdebat dengan pasangan Anda mengenai sesuatu hal yang kecil, yang menimbulkan kebosanan dan sebenarnya masalah tersebut adalah masalah Uang? Jika Anda menemukan masalah ini dalam hubungan Anda berdua, Anda harus segera mendiskusikannya dengan pasangan Anda.

Terangkanlah, agar perdebatan yang seringkali terjadi tidak karena uang saja, mungkin berdebat hal lain yang akhirnya bisa saling mengerti lebih baik dari mana hanya berdebat tentang uang.

6. Apakah Anda Merahasiakan Keuangan Anda?

Jika Anda benar-benar ingin mempercayai seseorang, dan ingin pasangan Anda juga mempercayai Anda, maka Anda perlu terbuka dan bersifat transparan dengan pasangan Anda, mengenai segala hal, tidak terkecuali mengenai masalah keuangan.

Ini sangat penting untuk dibicarakan , terutama jika Anda berdua memiliki rencana untuk menikah segera. Masalah keuangan adalah hal yang sangat sensitif, saat Anda terbuka dengan pasangan dengan detail, mungkin jika ada kekurangan pasangan Anda bisa menutupinya.

7. Apakah Anda Seorang Yang Materialistis?

Uang bisa menyebabkan manusia menjadi serakah. Terkadang, kita tidak bisa berbuat banyak tanpa Uang saat ini dan ini terjadi karena keserakahan sebagian manusia saat ini.

Jika Anda selalu ingin yang lebih baik dan lebih baik lagi dalam sebuah hubungan, ini juga bisa menjadi awal berubahnya cara pandang Anda terhadap sebuah hubungan yang landasannya adalah uang, untuk bisa lebih baik lagi.

Sebaiknya Anda menghindarkan sifat materialistis ini dari diri Anda, jika tidak maka Anda perlu bersiap-siap untuk kehancuran hubungan Anda.

8. Apakah Anda memimpin dalam rumah tangga Anda?

Uang dapat membuat komitmen untuk selalu bersama. Ketika salah satu dari pasangan Anda, mengontrol keuangan Anda, ini bisa meningkatkan fungsi uang dalam hubungan Anda berdua.

Apapun yang menjadi kebutuhan Anda berdua, dapat Anda diskusikan bersama. Sehingga pengeluaran hingga kebutuhan lainya, masing-masing saling mengetahui.

Jangan Jadikan Uang Segala-galanya Dalam Hidup Anda

Seperti pepatah yang mengatakan, segalanya memang perlu uang, namun jangan menjadikan uang sebagai segala-galanya dalam hidup Anda.

Menggunakan uang dengan bijak, akan berdampak positif bagi kehidupan Anda dan pasangan Anda. Mungkin, dengan kebiasaan seperti ini, kelak Anda berdua akan lebih berhati-hati untuk menggunakan uang, dan akan lebih senang menyimpan uang Anda, untuk keperluan penting Anda juga. (Ahm/Ndw)

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!