Tips Menghemat Baterai Ponsel Ketika Bepergian

95

redaksi.co.id – Tips Menghemat Baterai Ponsel Ketika Bepergian

Ponsel pintar kehabisan daya saat bepergian bisa jadi hal yang merepotkan. Untuk menghemat daya baterai, berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba:

– Jauhkan ponsel dari suhu panas

Selalu tempatkan ponsel pada suhu normal atau dingin dan jauhkan dari temperatur panas. Jika cuaca kebetulan sedang sangat panas, jangan menyentuh ponsel dan jangan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

– Nonaktifkan fitur getar

Fitur getar yang menyala untuk pemberitahuan, pesan, dan panggilan sangat menguras daya baterai. Jika Anda sedang ingin menghemat baterai, matikan fitur getar untuk tambahan waktu ekstra.

– Matikan GPS dan Radio

Selain fitur Bluetooth, fitur GPS dan Radio yang dinyalakan saat tidak digunakan juga bisa menghabiskan daya dengan cepat. Cara lain untuk menghemat, pastikan fitur wi-fi Anda benar-benar mati saat tidak mengakses hotspot aktif.

– Atur mode hemat daya

Power saving modealias mode hemat daya memiliki dampak yang signifikan pada kinerja sistem ponsel Android. Nyalakan fitur ini ketika tingkat baterai Anda rendah, apalagi ada banyak ponsel pintar yang memiliki pengaturan modus hemat daya otomatis.

– Redupkan layar

Masih banyak orang tidak melakukan hal sederhana ini untuk memperpanjang masa hidup baterai. Layar pada ponsel Android adalah fitur yang paling menguras baterai, sehingga masuk akal untuk mengatur pencahayaannya seredup mungkin.

– Mengurangi waktu tunggu layar

Ponsel Android akan secara otomatis mematikan layar setelah interval waktu tertentu. Dianjurkan untuk mengatur waktunya sesingkat mungkin untuk meregangkan masa pakai baterai.

Rebootsesekali

Ponsel sebaiknya memang tidak di-reboot terlalu sering, tetapi melakukannya sesekali bisa berdampak positif pada baterai. Reboot akan memastikan Anda menggunakan sesedikit mungkin aplikasi pada latar belakang.

– Matikan pemberitahuan aplikasi

Banyak aplikasi ponsel menawarkan banyak pemberitahuan, misalnya adanya pesan baru di media sosial. Meski dianggap penting, hal ini rupanya banyak memakan baterai dan sebaiknya dimatikan jika Anda benar-benar sedang ingin menghemat baterai.

– Baterai ekstra

Jika baterai ponsel Anda bisa dibongkar-pasang dengan mudah, siapkan baterai cadangan selama perjalanan jauh. Membawa dua baterai bisa memudahkan Anda menggunakan ponsel sepanjang hari tanpa pengisian.

(red/usland/argarito/RM)

loading...

Comments

comments!