Buat Panik Fans MU, Ini Penampakan Bom Palsu di Old Trafford

redaksi.co.id - Buat Panik Fans MU, Ini Penampakan Bom Palsu di Old Trafford Penyedia jasa keamanan swasta ikut bertanggung jawab atas kepanikan yang terjadi Old Trafford...

15 0

redaksi.co.id – Buat Panik Fans MU, Ini Penampakan Bom Palsu di Old Trafford

Penyedia jasa keamanan swasta ikut bertanggung jawab atas kepanikan yang terjadi Old Trafford jelang duel Manchester United (MU) kontra Bournemouth di pekan terakhir Liga Inggris, Minggu (15/4/2016) kemarin.

Sebuah benda mirip bom ditemukan di toilet beberapa jam sebelum pertandingan. Temuan tersebut sontak membuat seisi stadion panik. Evakuasi besar -besaran dilakukan pihak keamanan. Laga di hari itu langsung dibatalkan dan digeser ke Selasa waktu setempat.

Chris Reid, selaku Kepala penyedia jasa keamanan itu menyatakan, benda tersebut memang replika bom pipa dan digunakan saat anggotanya menggelar simulasi pengamanan di Old Trafford. Menurutnya, evakuasi besar-besaran tidak perlu terjadi bila pihak keamanan lebih jeli membaca pesan yang tercantum di benda tersebut.

“Perangkat latihan. Bila ditemukan, silahkan kontak 07********,”begitu bunyi pesan yang tertera di benda tersebut.

“Sulit bagi saya untuk mengatakan, apakah para penonton harus dievakuasi atau tidak dari dalam stadion. Tapi apapun itu, mereka (pihak keamanan) harus melakukan dengan tenang dan terkendali,” ujar Reid sebagaimana dikutip dari Daily Mail.

“Saya tidak tahu apakah mereka akan membawa saya ke pengadilan, karena mereka tidak mengatakannya,” sambung mantan Polisi tersebut.

Dari foto yang diunggah Daily Mail, benda tersebut gabungan handphone bekas yang diikatkan ke pipa dengan lakban lengkap dengan rangkaian kabel-kabel kuningan. Benda mencurigakan tersebut memiliki panjang sekitar 8 inchi. Polisi sempat curiga, benda tersebut bisa diledakkan dari jarak jauh.

Wakil Ketua Ed Woodward menyatakan, telah menandatangani surat, bila kontraktor telah mengambil semua perangkat latihan yang totalnya mencapai 13 buah dari dalam Old Trafford.

“Setelah semua pihak berwenang berhasil mengindentifikasi benda tersebut, klub dan Polisi tidak memiliki pilihan, selain mengevakuasi penonton dari dalam stadion. Kami melihat ini sebagai ancaman teror potensial. Kami tidak bisa menganggap itu kesalahan dalam latihan. Kami akan mengambil langkah serupa kalau kejadian ini terulang di masa depan,” ujar Woodward dilansir dari Daily Mail.

Woodward melanjutkan, keselamatan pendukung menjadi nomor satu di setiap pertandingan kami ketika menjadi tuan rumah di Old Trafford. “Secara keseluruhan, saya bangga bagaimana staff kami bekerja cepat.”

Karena bom palsu tersebut, Manchester United diperkirakan mengalami kerugian hingga 10 juta poundsterling atau sekitar Rp 191 miliar. MU harus mengeluarkan biaya refund kepada 76 ribu calon penonton yang telah membeli tiket.

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!