Matematika, Cara Lumba-lumba Berburu Mangsa

redaksi.co.id - Matematika, Cara Lumba-lumba Berburu Mangsa Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang pintar. Namun siapa yang menyangka jika mamalia laut ini bisa melakukan hitung-hitungan ala matematika....

19 0

redaksi.co.id – Matematika, Cara Lumba-lumba Berburu Mangsa

Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang pintar. Namun siapa yang menyangka jika mamalia laut ini bisa melakukan hitung-hitungan ala matematika.

Sebuah tim peneliti dari University of Southampton, Inggris, menunjukkan bahwa lumba-lumba menggunakan matematika saat berburu. Ada teknik khusus yang digunakan hewan ini sewaktu berburu, yakni “jaring gelembung”.

Mereka meniupkan gelembung udara di sekitar ikan yang akan dimangsa untuk memaksanya mendekat. Dengan kemampuan ekolokasi, lumba-lumba menggunakan sonar untuk menentukan mangsa yang akan dilahapnya. Namun muncul pertanyaan, bagaimana lumba-lumba membedakan ikan dari gelembung?

Penelitian yang dipimpin Tim Leighton, seorang profesor bidang ultrasonik dan akustik bawah air, menunjukkan bahwa lumba-lumba “menghitung” umpan balik dari sinyal sonar yang mereka pancarkan. “Kemampuan ini memerlukan penguasaan matematika nonlinear lanjutan,” ujar dia, seperti dikutip dari Huffington Post .

Lumba-lumba memanfaatkan sonar secara penuh dan mengesampingkan indra lainnya tatkala berburu. Sewaktu mengaktifkan sonar, kata Leighton, satwa ini memancarkan klik-klik gelombang dengan tingkat amplitudo yang bervariasi. Variasi inilah yang menjadi kunci keberhasilannya dalam berburu.

“Variasi klik menghasilkan perubahan gema yang dapat mengidentifikasi target, dalam hal ini ikan kecil, dalam jaring gelembung. Sonar buatan manusia tidak dapat melakukan hal ini,” ujar dia.

Leighton juga menemukan bahwa bentuk lanjutan sonar itu-yang disebut biased pulse summation sonar (BiaPSS)-memungkinkan lumba-lumba memisahkan sonar yang terkadang dipancarkan oleh mangsa.

Kemampuan ini dimiliki lumba-lumba secara alami. Penelitian Leighton menelusuri penggunaan prinsip dasar matematika oleh lumba-lumba untuk berburu. “Pada prinsipnya, itu sangat mungkin dilakukan oleh lumba-lumba,” kata Hugh Griffiths, insinyur dari University College London di Inggris. HUFFINGTON POST | AMRI MAHBUB

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!