Kecerdasan Gagak Versus Anak 7 Tahun, Menang Siapa?

106

redaksi.co.id – Kecerdasan Gagak Versus Anak 7 Tahun, Menang Siapa?

Batas kecerdasan burung kini dapat diukur. Sebuah penelitian menunjukkan kemampuan burung gagak hampir setara dengan anak-anak berusia tujuh tahun.

Percobaan ini mengharuskan burung gagak yang haus untuk menjatuhkan kerikil ke dalam kendi berisi air. Banyaknya kerikil yang dijatuhkan akan menyebabkan air di dalam kendi naik sampai batas yang dapat dijangkau paruh gagak untuk diminum.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan membandingkan kemampuan anak beragam usia dengan burung gagak untuk melakukan percobaan. “Percobaan mengharuskan anak dan burung gagak memindahkan posisi air dalam tabung untuk mendapatkan hadiah atau imbalan makanan,” kata Lucy Cheke, peneliti dari Cambridge University, Inggris.

Hasil percobaan menunjukkan kemampuan anak-anak usia 5-7 tahun tidak lebih baik daripada burung gagak. Sama seperti gagak, anak-anak itu menyelesaikan percobaan setelah lima kali melakukan hal tersebut.

Berbeda dengan anak usia delapan tahun yang dapat merampungkan percobaan dalam sekali kesempatan. Penelitian Cheke dan rekan-rekannya, yang diterbitkan dalam jurnal daring Public Library of Science ONE , menunjukkan anak-anak dan burung gagak memecahkan masalah dengan cara berbeda. TELEGRAPH | PLOS ONE | AMRI MAHBUB

(red/hmad/yaiku/AS)

loading...

Comments

comments!