Iran Tangkap 8 Model Online yang Dianggap 'Tak Islami'

redaksi.co.id - Iran Tangkap 8 Model Online yang Dianggap 'Tak Islami' Iran menangkap delapan orang yang bekerja untuk agen model secara online. Mereka dianggap tak...

25 0

redaksi.co.id – Iran Tangkap 8 Model Online yang Dianggap 'Tak Islami'

Iran menangkap delapan orang yang bekerja untuk agen model secara online. Mereka dianggap tak Islami. Demikian informasi yang disampaikan oleh jaksa pengadilan kejahatan dunia maya Teheran.

Penangkapan itu merupakan bagian dari sebuah operasi yang menargetkan wanita dalamposting-an foto, yang menunjukkan mereka tak mengenakan jilbab di Instagram dan tempat lainnya.

Kaum wanita di Irantelah diminta untuk menutupi rambut mereka di depan umum sejak tahun 1979.

“Delapan orang yang tidak disebutkan namanya di antara 170 yang diidentifikasi oleh peneliti terlibat sebagai modelonline. Mereka termasuk 59 fotografer dan makeup artis, 58 model dan 51 manajer salon fashion dan desainer,” demikian menurut pernyataan dari pengadilan yang dikutip dari BBC, Selasa (17/5/2016).

Penangkapan itu diumumkan oleh jaksa pengadilan Javad Babaei, dalam sebuah program televisi pemerintah pada Minggu, 15 Mei malam, yang berfokus pada ancaman moralitas dan landasan keluarga yang ditimbulkan oleh media sosial.

Babaei mengklaim agen model menyumbang sekitar 20 persen dari posting di Instagram di Iran. “Mereka telah membuat dan menyebarkan budaya tak bermoral serta tak Islami dan kekacauan,” katanya.

“Dari 170 orang yang ditemukan terlibat sebagai modelonline, 29 di antaranya diperingatkan bahwa mereka akan dikenakan penyidikan pidana,” ucap si jaksa.

“Orang-orang yang mengubahperilakunya setelah menerima pemberitahuan tak akan dikenakan tindakan hukum. Sementara delapan dari 29 lainnya telah ditangkap,” katanya.

Seorang juru bicara dari Iranian Centre for Surveying and Combating Organised Cyber Crimes, Mostafa Alizadeh, mengatakan “Sterilising popular cyberspacesatau sterilisasi dunia maya yang populer adalah agenda kami.”

“Kami melakukan rencana ini pada tahun 2013 dengan Facebookdan sekarang Instagramfokusnya,” ucapnya, mengatakan operasi lainnya akan dimulai dalam beberapa hari mendatang.

Sejauh ini belum ada komentar dari situs berbagi foto Instagram.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!