Kapal Tank Pindad Punya Meriam Tercepat

615

redaksi.co.id – Kapal Tank Pindad Punya Meriam Tercepat

Indonesia patut bangga dengan perkembangan industri pertahanannya. PT Pindad (Persero) bersama PT Lundin Industry Invest tengah mengembangkan kapal perang layaknya tank di laut. Kapal yang disebut Tank Boat ini diklaim punya kecepatan meriam tercepat.

Direktur PT Pindad Silmy Karim mengungkapkan, kapal tank ini akan menyita perhatian di dunia alat pertahanan negara-negara di dunia.

“Memang ada beberapa negara punya boat yang ada cannonnya (meriam), tapi yang kami kembangkan ini jenis catamaran (double hull), jadi kecepatan bisa sampai 40 knot, yang lain tidak bisa secepat itu,” kata Silmy

Sebenarnya, saat ini Swedia sudah memiliki Swedish Combat Boat 90 H dan Finlandia juga sudah mengembangkan kendaraan tempur laut yang dinamakan Patria NEMO 120mm mortar boat. Hanya saja semua itu memiliki single hull atau seperti boat biasa.

Tank boat buatan RI ini akan dilengkapi dengan cannon kaliber 105 mm. Besaran amunisi ini dinilai Silmy lebih cocok dan fleksibel dengan tipe tank kapal itu.

Silmy menambahkan, tank boat itu tengah dalam persiapan pembuatan prototype. Setelah selesai, nanti baru akan dibuat maket dan akan dikenalkan ke masyarakat.

“Rencana kita akan kenalkan saat Indo Defence besok November,” paparnya.

Dalam pengembangannya, Pindad akan menggandeng PT Lundin yang merupakan perushaan spesialis pembuatan kapal-kapal tempur kelas medium. Nantinya Pindad akan mengerjakan kanon dan tekhnologinya, sementara Lundin akan membangun hull nya.

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!