Kala Burung Jadi 'Satpam' untuk Tamu VIP Festival Film Cannes

redaksi.co.id - Kala Burung Jadi 'Satpam' untuk Tamu VIP Festival Film Cannes Burung camar di sejumlah pantai sudah terbiasa dengan manusia sehingga tidak sungkan mendekat, bahkan...

25 0

redaksi.co.id – Kala Burung Jadi 'Satpam' untuk Tamu VIP Festival Film Cannes

Burung camar di sejumlah pantai sudah terbiasa dengan manusia sehingga tidak sungkan mendekat, bahkan merakakerap mencuri makanan dari piring manusia. Demikian juga dengan unggas di kota Cannes, Prancis.

Untuk menghadapi burung-burung nakal tersebut, pihak Grand Hyatt Cannes Hotel Martinez memiliki senjata rahasia, yaitu beberapa ekor burung rajawali yang terlatih untuk mengejar burung-burung camar yang terbang terlalu dekat ke tempat makan luar ruang di hotel tersebut.

Dikutip dari The Local pada Selasa (17/5/2016), seekor burungrajawali berumur lima tahun bernama Tsunga siap melakukan tugas di tengah-tengah kesibukan festival film yang diadakan di kota [Cannes](2505984/ “”), kawasan RivieraPrancis itu.

Kata Christophe Puzin, pelatih rajawali, “jika seekor burung camar seberat 1 kg mendarat di meja lalu mengobrak-abrik gelas sehingga minuman berceceran, padahal para selebriti yang berjalan di karpet merah itu mengenakan pakaian-pakaian unik, habislah semua.”

“Kami mengirimkan burung-burung itu untuk menyerang camar. Suatu hari saat sarapan, makan siang, dan makan malam, kami mengawasi untuk memastikan tidak ada camar yang mendarat di meja.”

Tsunga adalah satu di antara lima ekor rajawali yang menjadi ‘satpam’ hotel. Bagi pihak hotel, keberadaan rajawali menjadi solusi ramah lingkungan menghadapi camar yang sudah terbiasa berdekatan dengan manusia.

“Kami pernah menyaksikan seekor burung camar mencoba membawa steak milik seorang tamu. Beberapa lainnya mencoba mencuri kacang atau makanan lain,” kata AlessandroCresta, manajer umum di hotel tersebut.

“Tentu saja ada bagian di mana para tamu juga salah. Mereka memanjakannya dengan memberi makan secara teratur. Setelah beberapa saat, burung-burung itu jadi terbiasa dengan kehadiran manusia dan tidak takut lagi.”

Rajawali yang bertugas sebagai satpam itu dilatih untuk terbang pada ketinggian 150 meter di atas hotel. “Burung-burung camar dapat melihat pemangsa alamiah mereka dan mengerti ada kehadiran yang lain di sini jadi mereka akan menghindar.”

Puzin mengatakan bahwa burung-burung rajawali itu tidak menjadi ancaman bagi para tamu hotel. “Seekor rajawali tidak menyerang atau agresif kepada manusia, karena bagi mereka kita adalah temannya. Kami memberi makan, merawat mereka. Kita adalah mangsa yang terlalu besar untuk digigit.”

Festival film Cannes berlangsung selama 12 hari, mulai dari 11 Mei sampai dengan 22 Mei mendatang. Sejumlah bintang terbesar Hollywoodakan menghadiri acara tersebut, misalnya Julia Roberts, George Clooney, dan Kristen Stewart.

Selain itu, ada ribuan pengunjung yang ingin menikmati suasana glamor di tempattersebut.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!