Cina Bikin Aplikasi Ponsel Pelacak Anak Hilang

121

redaksi.co.id – Cina Bikin Aplikasi Ponsel Pelacak Anak Hilang

Kepolisian Cina memperkenalkan aplikasi ponsel baru yang memungkinkan saksi melaporkan kasus kehilangan atau penyelundupan anak-anak dan tempat terakhir korban terlihat.

Platform online itu dibuat untuk mendistribusikan informasi tentang kehilangan anak. Begitu anak-anak dilaporkan hilang, polisi antipenyeludupan manusia akan menyiarkan informasi dengan cepat pada platform itu. Informasi terkait kemudian akan didistribusikan melalui aplikasi ponsel seperti layanan peta pemanduan dan akun resmi di Sina Weibo.

Orang awam akan memiliki akses ke informasi itu secara langsung. Tujuannya untuk membantu polisi dan pihak berwenang lain untuk dapat segera menemukan anak-anak yang hilang secepat mungkin.

Pernyataan resmi biro investigasi kriminal Kementerian Keamanan Publik mengatakan, lebih dari 5.000 polisi antipenyeludupan akan langsung mengupgrade aplikasi itu ketika mendapat laporan kehilangan anak. “Informasi akan sampai kepada pengguna aplikasi dalam lingkungan beberapa ratus kilometer dalam waktu beberapa detik,” ujar Deputi Inspektur Kementerian Keamanan Publik, Chen Shiqu, seperti dilansir CCTV , 17 Mei 2016.

Chen Shiqu mengatakan, para pengguna akan bisa langsung menghubungi polisi jika melihat tersangka,” kata dia. Kementerian Keamanan Publik dan perusahaan teknologi raksasa Cina, Alibaba Group Holding, bekerja sama untuk membuat aplikasi ini. CCTV | SPUTNIK NEWS | YON DEMA

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!