Untung-Rugi Pinjaman dengan Jaminan BPKB Kendaraan

redaksi.co.id - Untung-Rugi Pinjaman dengan Jaminan BPKB Kendaraan Para orangtua yang mempunyai putra-putri usia sekolah pasti gak luput dari memikirkan biaya pendidikan setiap tahunnya. Gak sedikit...

29 0

redaksi.co.id – Untung-Rugi Pinjaman dengan Jaminan BPKB Kendaraan

Para orangtua yang mempunyai putra-putri usia sekolah pasti gak luput dari memikirkan biaya pendidikan setiap tahunnya. Gak sedikit yang memeras keringat supaya anak-anaknya tetap bisa sekolah.

Buat yang punya alokasi dana pendidikan sih gak masalah. Tapi bagaimana dengan para orangtua yang saldo tabungannya gak terlalu mencukupi?

Tentu ini jadi masalah tersendiri. Memang sih pemerintah menyediakan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk program wajib belajar 9 tahun.

Tapi belum semua siswa bisa menikmati bantuan ini. Gak heran kalau banyak orangtua yang musti memutar otak menghadapi mahalnya biaya pendidikan anak.

Merencanakan biaya pendidikan anak bisa dilakukan dengan banyak cara. Saat ini sudah banyak bank yang menyediakan tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan.

Menabung secara konvensional juga memungkinkan. Tapi yang perlu ditilik lebih lanjut adalah, apakah hasil tabungan bisa mengalahkan laju inflasi dan naiknya biaya pendidikan setiap tahun?

Pendidikan anak amatlah penting demi mempersiapkan masa depannya

Misalnya, kemungkinan kenaikan biaya pendidikan ada di kisaran 10 20% per tahun. Misalnya saja, saat ini putra/putrimu sedang menginjak bangku kelas 4 SD, dalam 5 tahun lagi ia akan memasuki jenjang SMA. Jika biaya masuk sekolah menengah atas tersebut saat ini Rp 1 juta, berarti dalam 5 tahun lagi bisa mencapai Rp 2 juta.

Memilih jenis investasi tertentu untuk biaya pendidikan juga bisa dilakukan. Misalnya saja reksa dana atau deposito.

Namanya saja perencanaan, berarti harus dilakukan sejak jauh-jauh hari. Lantas bagaimana dengan para keluarga yang gak memiliki perencanaan pendidikan?

Opsi yang bisa dipilih adalah meminjam ke bank atau lembaga pembiayaan dengan menjaminkan surat-surat berharga atau biasa dikenal dengan kredit multiguna. Kredit jenis ini agaknya berbeda dibandingkan saudara dekatnya, kredit tanpa agunan.

Memangnya kenapa lebih memilih kredit multiguna? Ada beberapa alasan kenapa pinjaman jenis ini bisa membantumu mendapat dana pendidikan dengan cepat:

Kalau sang anak bisa masuk ke sekolah negeri sih gak masalah. Pasalnya sekarang pemerintah sudah menggratiskan biaya masuk ke sekolah negeri.

Lantas bagaimana jika sang anak harus masuk ke sekolah swasta? Orangtua tentu harus merogoh kocek lagi untuk uang pangkal dan uang pendaftaraan.

Menabung memang wajib. Salah satunya ya demi pendidikan anak

Kita asumsikan saja biaya pendaftaran sekolah swasta adalah Rp 10 juta. Dengan menjaminkan BPKB mobil misalnya, bisa kita simulasikan kayak gini:

Bunga yang ditetapkan per bulan 1% flat

Jangka waktu 2 tahun (24 bulan)

Cicilan per bulan yang harus dibayar:

Pokok pinjaman : Rp 80 juta

Bunga flat : 12%/tahun

Jangka waktu kredit : 24 bulan

Penghitungan bunga: (Rp 80.000.000 X 12% X 2) / 24 = Rp 800.000

Bunga cicilan per bulan Bu Ira mulai dari angsuran pertama sampai terakhir besarannya adalah Rp 800.000.

Total bunga pinjaman selama 2 tahun adalah: Rp 800.000 x 24 = Rp 19.200.000

Total pinjaman sampai pelunasan: Rp 80.000.000 + Rp 19.200.000 = Rp 99.200.000

Nah, uang pinjaman segitu lumayan kan, bisa untuk menyekolahkan anak. Sisanya bisa digunakan untuk keperluan lain seperti renovasi atau membuka usaha.

Jangan bingung dulu kalau menghadapi masalah apalagi berhubungan dengan pendidikan anak. Banyak cara kok untuk keluar dari problem apapun.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!