Ke Korea Selatan, Jokowi Belajar Cara Mengelola K-pop

redaksi.co.id - Ke Korea Selatan, Jokowi Belajar Cara Mengelola K-pop Pemerintah Indonesia akan berfokus membangun kerja sama di bidang pengembangan industri bersama mitra dari Korea Selatan....

20 0

redaksi.co.id – Ke Korea Selatan, Jokowi Belajar Cara Mengelola K-pop

Pemerintah Indonesia akan berfokus membangun kerja sama di bidang pengembangan industri bersama mitra dari Korea Selatan. “Kita akan membangun kerja sama, terutama di bidang industri, kedua manufaktur,” kata Presiden Joko Widodo kepada wartawan di Lotte Hotel, Seoul. Ahad petang, 15 Mei 2016.

Presiden tiba di ibu kota Korsel untuk kunjungan kenegaraan dan bertemu Presiden Park Geun-hye serta para pengusaha Negeri Ginseng demi mengembangkan potensi bisnis bilateral. Jokowi mengatakan, Indonesia juga menargetkan kerja sama pada bidang industri kreatif seperti film dan animasi.

Presiden mengatakan Indonesia dapat belajar dari Korsel mengenai bagaimana mempromosikan seni hiburan dan budaya kepada pasar internasional. “Bukan membawa, kita belajar bagaimana K-pop bisa mendunia. Tentu saja dengan kekuatan kita, bisa saja seni musik tradisi yang diberi brand baik, diapresiasi baik,” Jokowi menjelaskan.

Menurut Presiden, Korsel perlu waktu 15 tahun untuk membangun industri kreatif serta hiburan dalam membuat pengelolaan dan promosi budaya agar dapat mendunia. Menurut data Kedutaan Besar RI di Seoul, total perdagangan RI-Korsel pada 2015 tercatat US$ 16,7 miliar.

Korea Selatan adalah negara peringkat kelima terbesar yang merealisasikan penanaman modal asing di Indonesia dengan nilai total US$ 1,21 miliar. Lima sektor besar yang diminati investor Korsel adalah listrik, gas, dan air; tanaman pangan dan perkebunan, perdagangan dan reparasi, industri makanan, sertaindustri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronik. ANTARA

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!