7 Cara Hemat Pengeluaran Bulanan

redaksi.co.id - 7 Cara Hemat Pengeluaran Bulanan Membatasi pengeluaranmerupakan salah satu hal yang cukup berat bagi hampir setiap orang. Terutama bagi orang orang yang memiliki pendapatan...

12 0

redaksi.co.id – 7 Cara Hemat Pengeluaran Bulanan

Membatasi pengeluaranmerupakan salah satu hal yang cukup berat bagi hampir setiap orang. Terutama bagi orang orang yang memiliki pendapatan yang cukup justru akan merasa kesulitan untuk mengelola keuangan dan merasa sulit untuk membatasi pengeluaran setiap saatnya.

Meski penghasilan yang kita dapatkan setiap bulan terbilang cukup besar. Namun apabila kita tidak bisa mengelola keuangan maka di akhir bulan kita bisa mengalami masalah.

Bagi sebagian orang yang penghasilannya tidak terlalu besar, mereka masih bisa juga untuk menghemat agar setiap kebutuhannya terpenuhi.

Jadi menghemat pengeluaran tidak hanya bagi orang yang berpenghasilan minim, justru bagi orang dengan pendapatan yang cukup besar disarankan untuk mengelola keuangan dan menghemat setiap pengeluaran.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat pengeluaran setiap bulan. Hal ini bertujuan agar pendapatan kita dapat mencukupi kebutuhan selama satu bulan ke depan atau bahkan bisa kita gunakan untuk menabung sebagai dana darurat atau dana lainnya.

Berikut beberapa cara untuk menghemat pengeluaran bulanan

1. Membuat Anggaran Bulanan

Cara pertama yang bisa kita lakukan yakni dengan membuat anggaran bulanan. Cara ini dapat membantu kita untuk menghemat pengeluaran.

Dengan anggaran bulanan kita bisa mengelola keuangan dalam satu bulan berdasarkan jumlah pemasukan dan pengeluaran. Hal ini akan membantu juga dalam membatasi pengeluaran yang tidak penting, sehingga Anda bisa membuat prioritas tiap kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulan.

2. Menabung di Awal Bulan

Menabung merupakan hal yang positif dan mempunyai manfaat bagi keuangan kita. Tidak sedikit yang malas untuk menabung karena lebih memilih untuk membelanjakan uang mereka untuk hal hal yang padahal tidak terlalu penting.

Menabung di awal bulan bisa menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran. Selain itu, hal ini akan membantu kita untuk konsisten dalam menabung karena di awal bulan kita dalam kondisi mempunyai uang biasanya.

Jadi saat kita menabung di awal tidak banyak sisa uang yang kita pegang di akhir bulan yang biasanya akan digunakan untuk hal yang kurang penting.

3. Mencatat Setiap Pengeluaran

Beberapa orang mungkin malas untuk mencatat setiap pengeluaran yang mereka lakukan. Padahal selain membuat anggaran bulanan, sebaiknya kita juga mencatat setiap pengeluaran yang kita lakukan. Hal ini bertujuan agar pengeluaran kita sesuai dengan anggaran sebelumnya.

Jika pengeluaran kita tidak sesuai dengan anggaran yang kita buat maka ada baiknya untuk mengatur atau merencanakan ulang anggaran biaya agar sesuai dengan pengeluaran.

4. Pertimbangkan Saat Akan Membeli Sesuatu

Tidak jarang kita tergiur oleh barang barang yang kita lihat di toko, terutama saat diskon. Tidak jarang pula barang barang tersebut tidak terlalu kita butuhkan.

Untuk itu sebaiknya kita membuat pertimbangan terlebih dahulu saat ingin membeli sesuatu yang tidak penting dan tidak mendesak. Utamakan untuk membeli kebutuhan yang memang penting seperti makanan, obat, pakaian, dan lainnya.

5. Menggunakan Kartu Kredit Secara Bijaksana

Sebagian orang merasa senang menggunakan kartu kredit. Namun perlu diketahui bahwa saat kita menggunakan kartu kredit hal ini dianggap sebagai utang yang harus dilunasi pada bulan berikutnya.

Ada baiknya menggunakan kartu kredit dengan bijaksana yakni dengan tidak menggunakan kartu kredit untuk berbelanja terutama untuk hal hal yang kurang penting. Jika hal ini dilakukan maka kesempatan kita untuk menabung lebih sedikit karena untuk membayar tagihan kartu kredit.

6. Mengurangi Tagihan Rekening Utilitas

Salah satu pengeluaran yang cukup besar setiap bulan adalah membayar tagihan tiap bulannya, seperti listrik, PAM, telepon, gas.

Namun tagihan tersebut masih bisa kita hemat dengan cara mengurangi pemakaiannya. Dengan menghemat penggunaan PAM, listrik, telepon dan lainnya dapat membantu mengurangi pengeluaran.

7. Menggunakan Cara Kreatif untuk Berhemat

Menghemat bukan berarti menghilangkan hobi atau kesenangan kita. Banyak cara untuk bisa menghemat sesuai dengan prioritas kesenangan kita. Misalnya saja, kita rela tidak pergi ke salon untuk perawatan namun kita bisa makan enak setiap saatnya.

Tidak sedikit orang yang merokok bahkan mereka rela tidak makan asalkan bisa merokok. Begitulah cara setiap orang untuk berhemat, kita bisa menemukan cara kreatif kita sendiri.

Mulai Penghematan dari Hal Terkecil

Menghemat pengeluaran dapat dimulai dari hal kecil, seperti mencatat pengeluaran. Catatan seperti ini secara tidak langsung akan berperan layaknya peringatan yang tertulis.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mengurangi pengeluaran yang tidak menjadi kebutuhan utama. Prioritaskan kebutuhan primer seperti sandang, pangan dan papan. Kemudian, silahkan penuhi keinginan Anda bila masih ada dana yang tersisa.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!