Yuk Lihat Bumi, Mars dan Matahari Tampil Segaris di 30 Mei

188

redaksi.co.id – Yuk Lihat Bumi, Mars dan Matahari Tampil Segaris di 30 Mei

Mars, Bumi, dan Matahari akan tampil dalam posisi sempurna di langit, saling berdekatan, serta tampak segaris. Fenomena ini terjadi setiap dua tahun sekali, yang disebut oposisi Mars. Sebab, Mars dan Bumi akan berada pada sisi yang sama, sehingga bila manusia melihatnya dari angkasa, Matahari, Bumi, dan Mars akan tampak segaris.

Saat ini Mars berada 48 juta mil jauhnya dari Bumi. Jarak ini akan terus mendekat dan tampil dalam posisi sempurnanya pada 30 Mei mendatang. Planet merah ini akan menempuh jarak 46,8 juta mil jauhnya untuk mendekati Bumi. Ini sekaligus menjadi jarak terdekat Mars dengan Bumi dalam 10,5 tahun terakhir.

Di 2018 nanti, Mars akan berada lebih dekat lagi, melewati jarak 36 juta mil. Menurut Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), Bumi selama ini mengorbit Matahari dari jarak rata-rata 149,6 juta kilometer selama 365 hari.

Sementara itu, Mars mengorbit Matahari dari jarak rata-rata 227,9 juta kilometer selama 687 hari. Untuk menyaksikan fenomena ini, tidak dibutuhkan teleskop canggih. Mengamati fenomena alam ini bisa dengan mata telanjang.

Objek berwarna merah di langit pada 30 Mei nanti dapat dipastikan sebagai Mars. Sejumlah badan antariksa dunia pun memanfaatkan momentum ini untuk meluncurkan wahana antariksa. Waktu peluncuran dinilai tepat karena dapat memangkas waktu dan biaya, sebab jarak Bumi dan Mars sedang berdekatan. Seperti Eropa dan Rusia yang tahun ini berencana meluncurkan misi ExoMars. NASA | GHOIDA RAHMAH

(red/ochman/rief/RA)

loading...

Comments

comments!