Hebat, Paduan Suara Papua Mewakili Indonesia Tampil di Australia

172

redaksi.co.id – Hebat, Paduan Suara Papua Mewakili Indonesia Tampil di Australia

Sebuah kelompok paduan suara dari provinsi Papua, Indonesia, akan berangkat menuju Tasmania, Australia, untuk mempersembahkan pertunjukkan yang apik dalam acara Festival of Voices.

Dikutip dari situs web Festival of Voices pada Jumat (20/5/2016), paduan suara bernama ‘Iyakoko Patea’ini didirikan pada 2006 dan beranggotakan orang-orang yang sama-sama tertarik pada musik, tanpa memandang latar belakang status sosial, agama, ataupun perjalan hidup seseorang.

Dalam bahasa suku Kamoro di Papua, kata “Iyakoko Patea” berarti “suara yang merdu/indah”. Paduan suara ini bisa dipandang sebagai duta bagi musik dan budaya Papua, bahkan di tingkat internasional.

Paduan suara ini bertekad mendukung mutu kehidupan di Kuala Kencana, Timika, dan Tembagapura, serta terus mengusung perdamaian dan harmoni melalui musik.Iyakoko Patea dijadwalkan tampil pada tanggal 2 Juli nanti.

Sementara itu, pihak paduan suara menjelaskan kepada Liputan6.com bahwa saat ini mereka dilatih oleh Choky Maradong Simanjuntak, seorang insinyur mesin lulusan Universitas Indonesia yang pernah menjadi anggota Paduan Suara MahasiswaUniversitas Indonesia (PSMUI) Paragita.

PSMUIParagitamemiliki segudang prestasi harum di Indonesia dan mancanegara dengan beberapa penghargaan internasional. Paduan suara itu berada di bawah asuhan Aning Katamsi, salah satu maestro vokal dan paduan suara Indonesia dengan prestasi di Indonesia maupun mancanegara.

Festival of Voices

Festival ini, pada intinya, merujuk kepada pemikiran Brian Eno, yang menyebutkan bahwa ketika orang menyanyi bersama, seseorang akan berhenti berpikir tentang “saya” dan mulai berpikir tentang “kita”.

Pada 2016, penyelenggara dengan bangga mempersembahkan acara yang merayakan keberagaman suara manusia dari segala jaman yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang anggota paduan suara dan penyanyidari Australia dan mancanegara.Tahun ini, festival akan berlangsung dari 30 Juni hingga 17 Juli 2016.

Saksikan indahnya penampilan paduan suara IyakokoPateamembawakan lagu RuriSaranden dalam suatu konser di Jakartapada September 2012 lalu:

(red/ris/ahyudianto/AW)

loading...

Comments

comments!