Burung Berwarna Merah Miliki Daya Tarik Seksual yang Kuat

140

redaksi.co.id – Burung Berwarna Merah Miliki Daya Tarik Seksual yang Kuat

Para ilmuwan pada Kamis, 19 Mei 2016, menyatakan telah memecahkan misteri lama mengenai apa yang membuat beberapa burung berwarna merah, yang menunjukkan daya tarik seksual kuat jika terdapat di paruh dan bulu.

Menurut studi dalam jurnal Current Biology , gen-gen yang mempengaruhi pewarnaan masuk keluarga gen lebih luas yang terlibat dalam detoksifikasi. Itu berarti warna merah kemungkinan menandakan pasangan kuat dan berkualitas yang bisa dengan mudah membersihkan zat-zat berbahaya dari tubuhnya.

“Pada banyak spesies burung, semakin merah pejantan, semakin sukses dia dalam menemukan pasangannya,” kata salah satu penulis senior hasil studi itu, Joseph Corbo, dari Washington University di St. Louis, Amerika Serikat.

Burung-burung seperti kenari dan kutilang zebra mengkonsumsi biji-bijian, buah, dan serangga yang menghasilkan pigmen kuning yang dikenal sebagai karotenoid.

Beberapa burung mampu mengubah molekul kuning menjadi merah, yang disebut ketokarotenoid, menggunakan enzim yang aktif di mata burung merah dan kuning, juga pada bulu dan kulit mereka. “Cukup mengejutkan bahwa gen yang sama terlibat dalam melihat warna merah dan membuat warna merah,” ujar penulis hasil studi lain, Nick Mundy, dari Departemen Zoologi Cambridge.

“Temuan kami mengisi celah ini dan membuka banyak jalan untuk penelitian masa mendatang mengenai evolusi dan ekologi pewarnaan merah pada burung,” tuturnya, seperti dilansir kantor berita AFP . ANTARA

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!