Pembocor Pipa Gas di Gandaria City Terancam Jadi Tersangka?

redaksi.co.id - Pembocor Pipa Gas di Gandaria City Terancam Jadi Tersangka? Kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) lanjutan, peristiwa kebocoran gas di restoran Mal Gandaria...

10 0

redaksi.co.id – Pembocor Pipa Gas di Gandaria City Terancam Jadi Tersangka?

Kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) lanjutan, peristiwa kebocoran gas di restoran Mal Gandaria City pada Kamis 19 Mei lalu.

Olah TKP ini bertujuan mendalami keterangan korban, Feri, yang mengaku mendapati engsel gas keadaan terbuka sebelum meledak.

“Siang ini kami olah TKP kembali dari Labfor Mabes Polri. Memang ada temuan signifikan dari saksi korban Feri, seorang safety engineer,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Awi Setiyono di Mapolda Metro Jaya, Jumat (20/5/2016).

Saat melihat tabung gas terbuka, Feri langsung menutup pipa untuk menghentikan keluarnya gas. Sedangkan engsel tersebut kemudian dicopot, agar tidak menjadi objek keisengan pihak tak bertanggung jawab.

“Saat bau gas santer dilakukan pengamanan oleh yang bersangkutan, waktu itu kondisi engsel pipa terbuka,” kata Awi.

Feri sempat mengimbau para pekerja bangunan, agar tidak melakukan aktivitas selama bau gas masih tercium. Namun, beberapa saat kemudian terdengar suara ledakan.

“Ketika melangkah keluar area, sempat korban ingatkan pekerja di sana, pekerja ini lagi merenovasi restoran di sana,” kata dia.

“Sesaat melakukan peringatan ‘jangan bekerja dulu ya karena gas menyengat’, kemudian ada suara tukang menyalakan mesin gerinda kemudian terjadi ledakan,” sambung Awi.

Sampai saat ini kepolisian masih menunggu kesembuhan para korban lainnya, untuk memintai keterangan mereka lebih lengkap.

Kepolisian akan mencari tahu, bagaimana engsel gas bisa terbuka dan akan menganalisa seberapa besar potensi percikan gerinda memicu ledakan.

Jika seluruh saksi sudah diperiksa dan menemukan indikasi kelalaian, tak menutup kemungkinan polisi akan menetapkan seseorang sebagai tersangka.

“Apapun kelalaian nanti, fakta di lapangan akan terungkap. Kita tidak semudah itu menyampaikan ada kelalaian. Semua bermula dari pemeriksaan TKP, hasil Labfor, lalu siapa yang buka keran itu?” tanya dia.

“Bagaimana sumber ledakan itu muncul? Apa karena gerinda berbunyi dan percikan api menyulut terkait gas terbuka itu? Ke depan, kalau dari hasil saksi-saksi bisa mengerucut tersangka, bisa saja,” imbuh Awi.

Ledakan di restoran Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Kamis 19 Mei lalu menyebabkan 13 orang terluka. Ledakan diduga akibat kebocoran tabung gas.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!