Begini Cara Pohon Mengistirahatkan Daun

redaksi.co.id - Begini Cara Pohon Mengistirahatkan Daun Para peneliti di Eropa memindai pohon dan menemukan bahwa cabang mereka memiliki kecenderungan yang berbeda dengan terkulai sedikit (sekitar...

29 0

redaksi.co.id – Begini Cara Pohon Mengistirahatkan Daun

Para peneliti di Eropa memindai pohon dan menemukan bahwa cabang mereka memiliki kecenderungan yang berbeda dengan terkulai sedikit (sekitar 4 inci) di malam hari, setelah seharian bekerja untuk proses fotosintesis dan berdiri anggun.

Para peneliti memindai dua pohon birch menggunakan laser, satu di Finlandia dan satu di Austria, dan mengamati daun-daun yang terkulai di kedua pohon itu. Alasan untuk terkulai belum dipastikan secara definitif.

Salah satu penulis, Andrs Zlinszky mengatakan kepada New Scientist sebagaimana dikutip Popular Science Kamis, 19 Mei 2016, bahwa hal itu itu bisa disebabkan penurunan tekanan air di dalam sel tanaman yang terjadi ketika fotosintesis berhenti setelah matahari terbenam.

Mereka berencana menggunakan teknologi pemindaian laser untuk melihat seluruh kebun atau hutan dan tidak terbatas pada pohon individu. “Langkah selanjutnya akan mengumpulkan banyak titik pohon dan membandingkan hasilnya untuk pengukuran penggunaan air selama siang dan malam,” kata Eetu Puttonen, penulis lainnya.

“Ini akan memberikan kita pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan air pohon sehari-hari dan pengaruhnya pada iklim lokal atau regional.” POPULAR SCIENCE | ERWIN Z

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!