Ilmuwan Australia Kembangkan Robot USG Jarak Jauh

redaksi.co.id - Ilmuwan Australia Kembangkan Robot USG Jarak Jauh Sebuah robot USG (pemindaian ultrasound) dengan remote control yang memungkinkan operator untuk merasakan sentuhan telah dikembangkan oleh...

20 0

redaksi.co.id – Ilmuwan Australia Kembangkan Robot USG Jarak Jauh

Sebuah robot USG (pemindaian ultrasound) dengan remote control yang memungkinkan operator untuk merasakan sentuhan telah dikembangkan oleh para ilmuwan di negara bagian Victoria, Australia.

Teknologi perintis ini bisa meningkatkan akses terhadap alat diagnostik bagi mereka yang tinggal di wilayah pedesaan dan terpencil, secara dramatis.

Mesin ini memungkinkan profesional medis untuk menjalankan prosedur USG abdomen jarak jauh pada pasien hingga 1.000 kilometer jauhnya, dan mendiagnosa berbagai kondisi termasuk nyeri pada bagian perut, fungsi hati abnormal dan organ yang membesar.

Sementara robot bukanlah hal baru untuk praktek medis, apa yang membuat perangkat ini berbeda adalah sistem komunikasi kinestetik yang canggih atau sistem respon, yang memberikan operator indera sentuhan.

Kepala operasi di Barwon Health, Profesor David Watters, mengatakan, hal ini merupakan perkembangan penting dalam penggunaan robot di sektor perawatan kesehatan.

“Ini benar-benar menambah apa yang saat ini tersedia dengan robot, di mana Anda bisa mengoperasikannya jauh dari pasien, tetapi Anda tak mendapatkan respon sensoris dari seberapa keras Anda menekan atau jaringannya seperti apa,” jelasnya.

Ia menerangkan, “Kesempatan untuk mendapatkan respon sensoris ini berarti bahwa kami akan benar-benar bisa melakukan lebih banyak operasi dan mungkin melakukannya lebih baik.”

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!