BI: Keputusan Inggris Keluar dari Uni Eropa Picu Gejolak

redaksi.co.id - BI: Keputusan Inggris Keluar dari Uni Eropa Picu Gejolak Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memperkirakan keputusan Inggris tetap bertahan atau keluar dari organisasi kawasan,...

41 0

redaksi.co.id – BI: Keputusan Inggris Keluar dari Uni Eropa Picu Gejolak

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memperkirakan keputusan Inggris tetap bertahan atau keluar dari organisasi kawasan, Uni Eropa (British Exit atau Brexit) bakal memicu gejolak perekonomian global.

Hal itu juga menjadi sentimen yang mempengaruhi selain kenaikan tingkat suku bunga bank sentral Amerika Serikat (Fed Rate).

Agus Marto menyebutkan, bukan hanya dampak yang timbul melalui jalur perdagangan kelak akibat keputusan Inggris tersebut yang dikhawatirkan oleh bank sentral. Melainkan dampak di jalur keuangan, kata Agus di gedung BI, Jumat, 20 Mei 2016. Hal itulah yang perlu kita waspdai.

Pada minggu terakhir Juni ini, kata Agus, akan ada referendum. Dan itu bisa mempengaruhi poundsterling, tuturnya. Kalaupun tidak terjadi Brexit, hal itu juga tetap akan berperan terhadap nilai tukar poundsterling.

Pasalnya, mata uang ini termasuk yang kuat di dunia. Dengan begitu, apapun hasil referendum, akan berpengaruh terhadap pundsterling. Sebelumnya, Menteri Inggris Jo Johnson, mengatakan, apabila terjadi Brexit, posisi dominan London sebagai pusat keuangan dunia akan berada di bawah ancaman.

Selain itu, pusat keuangan Uni Eropa lainnya akan menggantikan posisi London. London mendominasi pasar valuta asing senilai US$ 5,3 triliun per hari dan ini merupakan pusat keuangan paling penting di Uni Eropa dan menyaingi New York sebagai ibu kota keuangan dunia.

Johnson menyatakan, suara dukungan untuk Brexit akan merusak poundsterling, mempengaruhi tingkat suku bunga dan menggerus dinamisme yang selama ini telah membuat London sebagai pusat jasa keuangan Uni Eropa. BAGUS PRASETIYO | ANTARA

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!