3 Klub yang Pernah Pecat Van Gaal

redaksi.co.id - 3 Klub yang Pernah Pecat Van Gaal Karier Louis van Gaal sebagai manajer Manchester United (MU) berakhir sudah. Eks pelatih Timnas Belanda tersebut telah...

17 0

redaksi.co.id – 3 Klub yang Pernah Pecat Van Gaal

Karier Louis van Gaal sebagai manajer Manchester United (MU) berakhir sudah. Eks pelatih Timnas Belanda tersebut telah dipecat MU pada Selasa dinihari WIB (24/5/2016).

“Saya ingin berterima kasih kepada Louis dan stafnya atas kerja luar biasa mereka selama dua tahun yang berujung penyamaan rekor 12 gelar Piala FA (dan membuat Van Gaal meraih titel di empat negara berbeda). Selama di sini, dia sudah bersikap sangat profesional dan bermartabat,” kata Executive Vice Chairman MU Ed Woodward.

Isu pemecatan Van Gaal telah berhembus sejak pertengahan musim 2015-16. Ini menyusul performa MU yang tidak konsisten. Selain itu, permainan MU juga dinilai membosankan.

Van Gaal pernah mengisyaratkan akan mengundurkan diri jika tidak mampu memperbaiki performa Wayne Rooney cs. “Hal ini tidak selalu klub yang memutuskan memecat saya. Kadang-kadang saya melakukannya sendiri. Saya orang yang ingin berbicara terlebih dahulu,” kata Van Gaal pada Desember 2015 lalu.

Namun sebelum Van Gaal mengucapkan pengunduran dirinya, MU sudah terlebih dahulu memecatnya. Berikut tiga klub yang pernah memecat Van Gaal sebagai pelatih:

1. Barcelona (2002-03)

Enam bulan setelah mengundurkan sebagai pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal kembali ke Barcelona. Dia dipercaya lagi untuk menduduki kursi pelatih. Namun, tugas Van Gaal di Camp Nou kali ini berakhir lebih cepat.

Pada awal Februari 2003, Barcelona hanya tiga poin di atas zona degradasi, yakni di peringkat 12 klasemen Liga Spanyol. Klub Katalan itu tertinggal 20 poin dari Real Sociedad yang memuncaki klasemen setelah kalah dalam delapan pertandingan.

Sebebarnya, Van Gaal dikontrak sampai Juni 2005. Akan tetapi, dia hanya beberapa bulan di Camp Nou karena dipecat Barca

“Saya benar-benar marah, sebagai pelatih saya tidak tinggal sampai dengan harapan para fans Barcelona,” ucap Van Gaal saat itu.

2. Bayern Muenchen (2009-11)

Louis van Gaal langsung meraih sukses di musim pertamanya sebagai pelatih Bayern Muenchen. Dia memberikan gelar ganda, yakni Bundesliga dan DFB Pokal.

Bahkan, Van Gaal nyaris memberikan tiga gelar setelah membawa Muenchen melaju ke final Liga Champions. Sayang, di final Muenchen kalah 0-2 dari Inter Milan yang dilatih Jose Mourinho di Santiago Bernabeu.

Musim berikutnya, prestasi Muenchen berbanding terbalik. Para penggemar dan pejabat klub gelisah dengan filosofi sepak bola Van Gaal. Pada April 2011, Van Gaal akhirnya dipecat setelah Muenchen ditahan imbang Nuremberg 1-1, yang membahayakan peluang lolos ke Liga Champions.

‘Sepak bola harus menyenangkan, tapi belum ada yang menyenangkan tentang sepak bola di FC Bayern untuk sementara waktu sekarang,” kata Presiden Muenchen Uli Hoeness setelah Van Gaal dipecat.

3. Manchester United (2014-17)

Louis van Gaal meninggalkan kursi pelatih Timnas Belanda usai Piala Dunia 2014 di Brasil. Dia menerima pinangan MU dengan durasi kontrak tiga tahun untuk menangani Wayne Rooney dan kawan-kawan.

Di musim perdananya, Van Gaal belum mampu memberikan gelar untuk MU. Dia hanya membawa MU finis di peringkat empat klasemen akhir Liga Inggris.

Sementara di musim keduanya atau 2015-16, MU finis di peringkat kelima. Tapi, Van Gaal mengantarkan MU meraih trofi Piala FA usai mengalahkan Crystal Palace 2-1 di final.

Namun, trofi FA tidak menyelamatkan Van Gaal dari pemecatan. Sebab, MU gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!