5 Momen Tak Terlupakan Van Gaal Bersama MU

122

redaksi.co.id – 5 Momen Tak Terlupakan Van Gaal Bersama MU

Berakhir sudah petualangan Louis van Gaal sebagai manajer Manchester United. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu sudah resmi memecatnya, Selasa (24/5/2016) WIB.

Van Gaal menangani MU mulai 19 Mei 2014. Manajer asal Belanda ini dipilih untuk menggantikan David Moyes yang gagal menjadi pengganti sepadan Sir Alex Ferguson.

Di musim pertama menukangi MU, van Gaal berhasil membawa Wayne Rooney dan kawan-kawan kembali ke Liga Champions untuk musim 2015/16. Sayang, di musim keduanya, Van Gaal dinilai gagal total.

MUhanya finis di peringkat kelima alias gagal menggenggam tiket ke Liga Champions musim 2016/17. Keberhasilan meraih Piala FA di akhir musim pun tak cukup untuk menyelamatkan karier van Gaal di MU.

Alhasil, manajer berjuluk Si Tulip Besi ini harus mengakhiri jabatannya sebagai manajer di MU di akhir musim 2015/16. Van Gaalsebetulnya dikontrak hingga akhir musim 2016/17.

Meski hanya dua musim menangani MU, van Gaal membuat beberapa momen menarik yang menjadi perhatian media. Karakternya yang meledak-ledak membuat van Gaal sering menjadi pemberitaan di halaman depan.

Melansir Daily Mail, berikut lima momen menarik ciptaan van Gaal, yang pernah menjadi perhatian media.

1. Salah menyebut nama Chris Smalling

Seorang manajer layaknya hapal nama para pemainnya. Apalagi, jika dia sudah satu musim bergabung bersama klub.

Namun hal itu tidak berlaku buat Van Gaal di MU. Dalam sebuah jumpa pers tur pramusim di Amerika awal musim ini, van Gaal ternyata salah menyebut nama Chris Smalling menjadi Mike Smalling.

“Kapten pertama adalah Wayne Rooney, kedua adalah Michael Carrick, dan ketiga adalah Mike Smalling. Maaf, yang saya maksud Chris Smalling,” kata Van Gaal.

Untuk menutupi kesalahannya tersebut, van Gaalhanya tertawa sambil menepuk pundak Smalling, yang kebetulan tepat berada di sampingnya.

2. Memanggil jurnalis dengan sebutan gendut

Memiliki karakter yang meledak-ledak membuat van Gaal kerap emosi saat meladeni pertanyaan wartawan. Tidak jarang, manajer berusia 64 tahun ini melampiaskan kemarahannya tersebut pada para awak media.

Salah satunya adalah saat Van Gaal diserang pertanyaan soal Wayne Rooney. Mantan manajer Bayern Muenchen ini menyebut wartawan The Sun, Neil Custis dengan gendut.

“Kami tidak berbicara lagi soal Rooney oke? Andalah telah mengkritiknya. Ya, Anda. Bukan saya,” kata Van Gaal. Saat hendak meninggalkan ruangan jumpa pers, van Gaal yang mendengar obrolan para wartawan, sejenak berhenti lalu berkata, “Anda juga, gendut,”sembari menunjuk ke arah Custis.

3. Menginginkan pemainnya ‘horny’

Manchester United akan menghadapi Midtjylland di leg kedua Babak 32 Besar di Liga Europa. Dengan keadaan tertinggal 1-2 di leg pertama, MU butuh semangat ekstra untuk bisa membalikkan keadaan.

Saat jumpa pers, van Gaaltak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk membakar semangat para pemainnya.

“Kami harus menguasai bola lebih baik dan menggulirkannya lebih cepat. Keinginan adalah kata yang hebat. Saya sering menggunakan kata horny dengan para pemain saya,” kata Van Gaal.

Siasat Van Gaal tersebut terbukti ampuh. Di leg kedua di Old Trafford, MU melibas wakil Denmark tersebut dengan skor 5-1 dan akhirnya melenggang ke Babak 16 Besar dengan agregat 6-3.

4. Istilah Masokisme Seksual

Perbendaharaan kata Van Gaal boleh dibilang ajaib. Ia punya bermacam istilah untuk menggambarkan tiap kejadian dalam sebuah pertandingan.

Saat diwawancara usai pertandingan melawan Leicester, Van Gaal mengeluarkan istilah masokisme seksual untuk menggambarkan jambakan bek Leicester, Robert Huth pada pemain MU, Marouanne Fellaini.

“Jambakan rambut hanya dibolehkan di masokisme seksual. Mereka melakukannya. Saya pikir mereka melakukannya beberapa kali,” kata Van Gaal sembari memeragakan jambakan Huth pada Fellaini.

5. Memeragakan Diving

Di antara sekian momen Van Gaal di MU, momen ini mungkin yang paling diingat publik. Ya, adegan terjatuh ala Van Gaal saat pertandingan melawan Arsenal di Old Trafford.

Van Gaal yang tak senang dengan diving gelandang Arsenal, Alexis Sanchez, lalu meniru adegan terjatuhnya Sanchez di hadapan wasit keempat, Mike Dean yang berdiri di pinggir lapangan.

Momen ini lalu menjadi perhatian tersendiri di samping kemenangan 3-2 MU atas Arsenal. Banyak meme menggunakan foto Van Gaal berbaring di pinggir lapangan muncul setelahnya.

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!