Para Debutan Klub Indonesia yang 'Pecah Telur'

redaksi.co.id - Para Debutan Klub Indonesia yang 'Pecah Telur' Pekan ketiga Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo telah selesai dihelat. Total sebanyak 25 gol lahir...

8 0

redaksi.co.id – Para Debutan Klub Indonesia yang 'Pecah Telur'

Pekan ketiga Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo telah selesai dihelat. Total sebanyak 25 gol lahir dalam sembilan laga yang berlangsung pada pekan ini.

Banyaknya gol tentu tak terlepas dari bangkitnya kembali beberapa klub besar Indonesia seperti Arema Cronus, Persija Jakarta, Semen Padang hingga Persib Bandung yang sempat tersandung di pekan kedua.

Tak hanya klub yang besar mulai bergairah. Para penyerang asing yang baru pertama kali berkarier di Indonesia juga mulai menunjukkan ketajamannya.

Penyerang Persija asal Kolombia, Jose Guerra, mencetak gol pertamanya di Indonesia ketika Macan Kemayoran menang 2-1 atas Persela Lamongan, Jumat (13/5/2016) malam WIB. Guerra mencetak gol melalui sundulan pada menit ke-32 usai memanfaatkan umpan silang Ismed Sofyan dari sisi sayap sebelah kanan Persija.

Guerra harus menunggu hingga pekan ketiga untuk mencetak gol pertamanya bagi Persija. Pada pekan kedua, Guerra sebenarnya nyaris mencetak gol perdana saat menang 1-0 atas Semen Padang di Stadion Gelora Bung Karno.

Sayang, hal itu urung terjadi setelah sepakan penyerang berusia 29 tahun ini terlalu lemah. Padahal, gawang Jandia Eka Putra saat itu sudah lowong.

Selain Guerra, penyerang Mitra Kukar, Alan Leandro juga mencetak gol pertamanya di Indonesia. Tak tanggung-tanggung penyerang asal Timor Leste ini langsung mencetak dua gol saat Naga Mekes menang telak 4-1 atas PS TNI di Stadion Siliwangi, Bandung, Minggu (14/5/2016).

Laga melawan PS TNI juga menjadi laga debut bagi Alan. Dia berhasil tampil memukau setelah mencetak gol pada menit ke-36 dan 39. Ketajaman Alan tentu membuat Mitra Kukar menjadi tim yang memiliki lini depan yang menakutkan. Sebab, selain Alan, penyerang asing lain, Marlon Silva sejauh ini juga telah mencetak dua gol dari tiga laga.

Beralih ke Jawa Timur, penyerang anyar Arema Cronus, Giron Marulanda, juga sukses pecah telur. Sundulan Giron mengoyak gawang Bhayangkara Surabaya United untuk membawa Singo Edan menang 3-0 atas Bajul Ijo di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (15/5/2016) malam WIB.

Giron yang didapuk sebagai pengganti sementara Cristian Gonzales yang cedera baru bisa mencetak gol pada pekan ketiga untuk Arema. Giron sebenarnya telah mendapatkan kesempatan mencetak gol di Indonesia ketika dimainkan oleh pelatih Arema, Milomir Seslija sebagai starter. Tapi, gol tak kunjung datang dari penyerang yang gemar berlari sepanjang pertandingan ini.

Permasalahan adaptasi dianggap masih menjadi masalah bagi Giron untuk membobol gawang lawan. Namun, pada laga melawan Bhayangkara SU, Giron sukses mencatatkan gol pertamanya pada menit ke-63.

Hal ini sekaligus membungkam keraguan soal ketajaman Giron. Awalnya, Giron sempat mendapatkan kritik lantaran status top scorer di Liga Australia, tapi sulit mencetak gol untuk Arema.

Penulis: Yosef Deny Pamungkas

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!