Fans Barcelona Akan Kibarkan 10.000 Bendera Skotlandia Di Final Copa Del Rey

redaksi.co.id - Fans Barcelona Akan Kibarkan 10.000 Bendera Skotlandia Di Final Copa Del Rey Fans Barcelona akan mengibarkan 10.000 bendera Skotlandia saat pertandingan final Copa del...

11 0

redaksi.co.id – Fans Barcelona Akan Kibarkan 10.000 Bendera Skotlandia Di Final Copa Del Rey

Fans Barcelona akan mengibarkan 10.000 bendera Skotlandia saat pertandingan final Copa del Rey kontra Sevilla di Vicente Calderon, Senin (23/5) dinihari WIB.

Sikap itu diambil fans Azulgrana sebagai protes terhadap larangan pengibaran bendera kemerdekaan pro-Catalan,’Estelada’.

Perwakilan pemerintah Spanyol mengumumkan di Madrid pada Rabu(18/5) lalu kalau ‘Estelada’ dilarang dikibarkan. Larangan itu dibuat dengan alasan pemerintah khawatir pertandingan final akan ditunggangi kepentingan politis tertentu.

Pihak Barcelona mengomentari, larangan itu “mencederai kebebasan berekspresi dan hak fundamental dari setiap individu yang mengekspresikan ide dan pendapat mereka dan tanpa sensor.”

Sekumpulan organisasi nasionalis Catalan berencana akan menggunakan bendera Skotlandia sebagai bentuk ekspresi. Bendera ini akan dikibarkan sebelum pertandingan dan pada menit ke-17, dengan 14 detik di setiap babak.

Kenapa yang dipilih bendera Skotlandia? Negara ini mendapat izin pada 2014 untuk memilih apakah mereka tetap di Inggris Raya. Fans Barca menganggap perjuangan mereka sama dengan apa yang dialami Skotlandia.

“Kami memilih simbol ini karena ini menyoroti perlakuan berbeda yang diterima Catalonia dari Spanyol, dibandingkan dengan perlakuan Inggris Raya terhadap Skotlandia,” demikian pernyataan kumpulan organisasi itu, seperti dikutip BBC Sport.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!