Krisis Migran, Libya Cegat 850 Migran ke Eropa

redaksi.co.id - Krisis Migran, Libya Cegat 850 Migran ke Eropa Penjaga pantai Libya mencegat kapal yang membawa 850 migran ke Eropa, Ahad (22/5). Migran berasal dari...

32 0

redaksi.co.id – Krisis Migran, Libya Cegat 850 Migran ke Eropa

Penjaga pantai Libya mencegat kapal yang membawa 850 migran ke Eropa, Ahad (22/5). Migran berasal dari berbagai negara Afrika.

Di antara mereka, terdapat 79 wanita. Tak hanya itu, 11 dari migran hamil juga ditemukan di tujuh perahu karet dekat Sabratha, sebelah barat ibu kota Tripoli.

Lebih dari 300 ribu migran telah menyeberang dari Libya ke Italia tahun ini. Fakta-fakta diungkapkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kemanusiaan Dunia PBB Pertama yang akan dibuka di Istanbul, Turki.

Seperti dilansir dari BBC News Senin (23/5), kepala negara, lembaga bantuan dan lainnya akan membahas krisis yang terjadi. Mereka juga akan mencari cara bagaimana medistribusikan bantuan kepada mereka yang paling membutuhkan.

PBB mengatakan ada kesenjangan tahunan sebesar 15 miliar dolar AS dalam pendanaan kemanusiaan. Namun, badan amal Medecins sans Frontieres menolak hadir dangan alasan KTT tidak akan menekan negara-negara yang melanggar hukum humaniter.

Lembaga amal ini juga merasa tidak ada komitmen baru yang signifikan akan dibuat. Libya menjadi pusat utama bagi para migran, pedagang manusia mengeksploitasi pelanggaran hukum di negara itu.

Kondisi cuaca yang lebih baik menimbulkan kekhawatiran akan lebih banyak orang mencoba penyeberangan berbahaya sepanjang 300 kilometer ke pulau Lampedusa di Italia.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!