Ini Lukisan Karya Seniman Amerika Latin Termahal di Dunia

redaksi.co.id - Ini Lukisan Karya Seniman Amerika Latin Termahal di Dunia Sebuah lukisan karya Diego Rivera mampu terjual dengan harga fantastis. Lukisan tersebut terjual hingga US$...

29 0

redaksi.co.id – Ini Lukisan Karya Seniman Amerika Latin Termahal di Dunia

Sebuah lukisan karya Diego Rivera mampu terjual dengan harga fantastis. Lukisan tersebut terjual hingga US$ 15,7 juta atau setara Rp 215,06 miliar. Angka tersebut memecahkan rekor lukisan Amerika Latin termahal yang pernah dijual.

Melansir laman cnbc.com, Rabu (25/5/2016), lukisan yang diberi judul “Dance in Tehuantepec” tersebut dibuat oleh pelukis Latin Diego Rivera. Harga lukisan tersebut melebihi lukisan karya Frida Kahlo yang dijual pada lelang sebelumnya. Penjualan lukisan dilakukan di rumah lelang Phillips.

Pembeli lukisan tersebut merupakan seorang kolektor asal Argentina. Ia ingin memiliki lukisan tersebut sejak 20 tahun lalu. Kolektor tersebut pernah mencoba untuk membeli lukisan tersebut pada 1995, tapi gagal.

“Saya selalu bertanya-tanya siapa yang telah membeli lukisan itu dan di mana,” ujar Costantini, pendiri dan presiden Museum Seni Amerika Latin dari Buenos Aires (MALBA).

Dance in Tehuantepec karya Diego Riveradibuat pada 1928. Lukisan tersebut menggambarkan sekelompok penari yang sedang menari tradisional Zandunga. Selain merupakan lukisan Amerika Latin termahal, Dance in Tehuantepec juga merupakan lukisan terbesar yang pernah dibuat dengan panjang 200,66 cm dan lebar 163,83 cm.

Deputi Pimpinan dari rumah lelang Phillips mengatakan, lukisan tersebut merupakan salah satu lukisan paling berharga yang pernah dibuat oleh Diego Rivera.

Dance in Tehuantepec pertama kali dipamerkan pada 1930 di Metropolitan Museum of Art, New York City. Setelah itu lukisan tersebut terus menjadi buruan para kolektor. (vna/nrm)

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!