AS Angkat Embargo Senjata Vietnam

80

redaksi.co.id – AS Angkat Embargo Senjata Vietnam

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengangkat embargo senjata atas Vietnam, Senin (23/5). Langkah ini dilakukan ketika kunjungan pertamanya ke negara komunis itu.

Dilansir The Telegraph, Obama ingin meningkatkan kerja sama sekaligus menekan perbaikan HAM di negara mantan musuh tersebut. Obama mengumumkan penghapusan penuh embargo saat konferensi pers.

AS melangkah ke depan untuk normalisasi hubungan dengan mengeliminasi kenangan Perang Dingin. “Pada tahap ini, kedua pihak telah mengembangkan level kepercayaan dan kerja sama,” kata ayah dua anak itu.

Obama menitikberatkan perbaikan kerja sama dalam bidang militer. Salah satu sasarannya diduga isu Laut Cina Selatan, salah satu permasalahan perairan yang paling penting di dunia.

Pengangkatan embargo membawa dampak psikologis pada Vietnam yang ingin lebih agresif menghadapi Cina. Meski lonjakan besar tidak terlalu diprediksi. Presiden Vietnam, Tran Dai Quang berterima kasih pada Obama.

Embargo senjata AS telah diangkat sebagian pada 2014. Namun, Vietnam ingin keseluruhan. Negara tersebut ingin mengukuhkan posisi di tengah sengketa perairan.

Kunjungan Obama selama tiga hari di Vietnam fokus pada memperkuat hubungan. AS ingin meningkatkan perdagangan hingga dua kali lipat pada 2020 dengan negara yang sedang berkembang pesat tersebut.

Setelah berkunjung ke Vietnam, Obama akan terbang ke Jepang untuk menghadiri konferensi Kelompok Tujuh. Ekonomi global yang sedang goyah akan jadi agenda utama, selain terorisme dan krisis pengungsi.

(red/oudlon/R)

loading...

Comments

comments!