Begini Cara Supaya Atur Anggaran Efektif

redaksi.co.id - Begini Cara Supaya Atur Anggaran Efektif Hampir tidak ada orang di dunia ini yang tak menginginkan hidup dengan nyaman dan berlimpah dengan segala kemudahan...

11 0

redaksi.co.id – Begini Cara Supaya Atur Anggaran Efektif

Hampir tidak ada orang di dunia ini yang tak menginginkan hidup dengan nyaman dan berlimpah dengan segala kemudahan untuk mendapatkan yang dia inginkan.

Berwisata setiap liburan, membeli gagdet terbaru dan juga berbelanja suka-suka merupakan keinginan hampir semua orang. Namun tak sedikit orang yang telah berusaha mendapatkan hal tersebut hanya menemui kegagalan.

Kegagalan yang dialami oleh orang-orang tersebut kebanyakan disebabkan karena mereka tidak menerapkan strategi budgeting ataumengatur anggaran yang baik.

Budgeting adalah istilah asing dari penganggaran, dalam membuat anggaran Anda harus mampu memperkirakan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan dalam satu bulan.

Sayangnya kebanyakan orang menganggap remeh hal ini karena menurut mereka anggaran bisa mereka lakukan dengan hanya melalui angan-angan saja padahal strategi budgeting ini bisa membuat pengeluaran Anda berjalan secara efektif dan menghindarkan Anda dari pemborosan

1. Pentingnya Membuat Anggaran

Membuat anggaranatau budgeting merupakan pilar dalam perencanaan keuangan. Hal ini karena dalam sebuah strategi budgeting harus ada skala prioritas. Tujuannya adalah untuk mengetahui kebutuhan mana yang sebaiknya terlebih dahulu Anda penuhi.

Mungkin Anda akan berpikir dengan menggunakan strategi budgeting akan membuat hidup Anda menjadi tidak nyaman misalnya seperti porsi makan Anda berkurang dari biasanya atau Anda tak akan bisa pergi berlibur sesekali.

Kenyataannya tidak demikian karena semua hal tersebut tetap bisa Anda lakukan dengan catatan Anda disiplin terhadap skala prioritas dan budgeting yang telah Anda buat sebelumnya.

2. Mencegah Lebih Baik dari Mengobati atau Memperbaiki

Anda sudah pasti sering mendengar slogan seperti di atas entah dari televisi atau mungkin dari salah satu slogan produk. Namun apa hubungannya slogan tersebut dengan langkah budgeting yang harus Anda terapkan? Apakah berarti Anda harus selalu menjaga kesehatan?

Logikanya begini, ketika sakit maka Anda akan memerlukan biaya yang tidak murah untuk berobat sehingga Anda harus menghindari hal ini agar uang Anda tidak terbuang untuk berobat.

Tak hanya masalah kesehatan saja yang harus Anda perhatikan namun juga masalah mengenai hal-hal yang lain seperti misalnya servis sepeda motor .

Ketika Anda melakukan servis sepeda motor maka Anda juga wajib mengeluarkan biaya untuk membayar jasa yang Anda dapatkan. Alangkah baiknya jika meminimalisir kemungkinan untuk melakukan servis sepeda motor tersebut dengan merawatnya sebaik mungkin.

3. Hargai Usaha Keras Anda

Buat diri Anda nyaman dengan aktivitas budgeting yang Anda lakukan. Ketika melakukan strategi budgeting dan berhasil, sebaiknya Anda berpikir kembali berapa yang harus ditabung dan berapa jumlah yang akan digunakan untuk memanjakan diri Anda.

Namun, perlu diingat ketika akan memanjakan diri sendiri ini telah disesuaikan dengan jumlah uang ekstra yang Anda hasilkan. Lebih baik dana untuk memanjakan diri Anda lebih sedikit jumlahnya dari dana yang akan ditabung.

4. Lakukan Tanpa Meminta Bantuan Orang Lain

Kadang Anda memerlukan jasa seseorang untuk mengecat rumah Anda, membersihkan rumah atau untuk memperbaiki hal yang tidak berjalan dengan baik di rumah.

Tentunya dengan menggunakan jasa tersebut Anda harus mengeluarkan biaya, padahal sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan sendiri. Ketika Anda melakukan hal yang dibutuhkan seorang diri, maka pengeluaran Anda akan lebih efisien.

Namun bukan berarti Anda harus melakukan semua pekerjaan sendiri, bila ada hal yang disara tidak mungkin dilakukan sendiri, mintalah bantuan orang lain.

5. Jangan Berutang

Utang biasanya terjadi ketika Anda memiliki kebutuhan yang harus dibayar di luar dana yang telah dianggarkan. Jadi kebutuhan lain itu menjadi bisa terpenuhi. Masalahnya, berutang bisa membuat strategi budegting yang Anda buat akan berantakan.

Apalagi jika melakukan sebuah utang dengan bunga yang tinggi, jangan harap budgeting Anda berhasil. Anda boleh saja berutang, namun susun lagi budgeting Anda dan bayar cicilannya secara konsisten tanpa pernah menunggak.

Sediakan Dana Khusus untuk Mengantisipasi Keadaan Darurat

Selain memperkirakan sejumlah uang yang akan tabung, mempersiapkan dana khusus untuk keadaan darurat juga wajib Anda lakukan dalam strategi budgeting.

Percaya atau tidak, salah satu cara efektif orang menghindari utang, salah satunya adalah karena tersedianya dana ini dalam anggaran Anda. Dalam kehidupan ini tentu banyak hal tak terduga yang bisa terjadi.

Seperti, tiba-tiba terserang penyakit atau ketika buah hati memerlukan biaya untuk membayar keperluan sekolah. Dengan menyediakan dana khusus ini, maka Anda bisa menghindari utang dan juga jumlah uang yang akan ditabung tidak akan berkurang. Jadi, persiapkan dengan baik. (Ahm/Ndw)

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!