6 Aktor yang Pernah Dinobatkan Peran James Bond

    135

    redaksi.co.id – 6 Aktor yang Pernah Dinobatkan Peran James Bond

    James Bondmenjadi franchise film dengan penghasilan terbesar ketiga setelahHarry Potterdan Marvel Cinematic Universe. Sejak debutnya di tahun 1962, sebanyak 24 film tentang agen 007 ini sudah diproduksi. Selama itu pula aktor pemeran James Bond berganti hingga enam kali.

    Sama seperti pemainnya, sutradara yang menggarap 24 film James Bond pun bisa dibilang cukup setia. Pada umumnya, mereka tak hanya menggarap satu film saja. Hingga tahun ke-54, franchise ini sudah berhasil meraup pendapatan kotor hampir 7 miliar USD. Berikut Bintang.com rangkumkan enam aktor yang pernah berperan sebagai James Bond dan telah ikut menyumbangkan kesuksesan franchise ini.

    Sean Connery menjadi aktor pertama yang memperkenalkan aksi mata-mata berlebel James Bond. Sepanjang kariernya, ia telah membintangi enam film James Bond di antaranya Dr. No, From Russia with Love, Goldfinger, Thunderball, You Only Live Twice dan Diamond are Forever. Pada tahun 1965, ia pernah nyaris mati akibat diserang hiu saat syuting film Thunderball.

    Sebetulnya, produser James Bond tidak pernah berpikir untuk melibatkan Connery. Memiliki tubuh atletis dan karisma seksual yang diperlukan untuk karakter James Bond, akhirnya Connery terpilih. Menurut survey, Connery menjadi pemeran James Bond yang paling difavoritkan lantaran gayanya yang klasik, cerdas, terampil, sulit ditebak dan sedikit nakal.

    George Lazenby. Awal keterlibatan aktor asal Australia ini terbilang unik. Ia pertama kali bertemu sang produser di tukang cukur rambut dan siapa sangka, Cubby Broccoli sangat tertarik lantaran penampilan fisik Lazenby yang begitu memikat kaum hawa pada masanya.

    Sayang, Lazenby hanya berkesempatan tampil di satu film James Bond saja, yaitu film On Her Majesty’s Secret Service (1969). Pendapatan box office dari film tersebut pun nyatanya tak sebagus film James Bond sebelumnya yang diperankan Sean Connery, You Only Live Twice. Lazenby bahkan hanya mendapatkan royalti yang sama seperti saat Connery tampil perdana sebagai James Bond.

    Roger Moore. Pinagan sebagai James Bond pertama kali diterima Moore pada Agustus 1972 seteah mempertimbangkan hampir tiga tahun. Selama 12 tahun, aktor kelahiran London ini telah membintangi tujuh film agen 007 yang terdiri dari Live and Let Die, The Man with the Golden Gun, The Spy who Loved Me, Moonraker, For Your Eyes Only, Octopussy dan A View to a Kill.

    Moore menjadi aktor pertama yang membawa James Bond menjadi lebih humoris. Mungkin karena ia pernah terlibat di serial komedi. Moore dikenal begitu ramah dan rendah hati di kalangan kru film, sampai-sampai honornya di lima film James Bond tidak diketahui pasti. Pria berusia 88 tahun ini juga telah menyumbangkan banyak pundi-pundi keuangan untuk franchise tersebut.

    Timothy Dalton. Sisi gelap dan serius dari James Bond berhasil dihidupkan lagi oleh aktor asal Inggris ini. Bekerjasama dengan sutradara John Glen di dua film James Bond, Dalton telah sukses membuat dirinya semakin dikenal publik dan menyumbangkan 360 juta USD ke franchise James Bond.

    Dua film James Bond yang pernah dibintangi Dalton yaitu The Living Daylights dan Licence to Kill. Tindakan Dalton untuk ‘merombak’ James Bond nyatanya sempat menuai kritik. Meski begitu, hampir di keseluruhan adegan dalam dua film yang ia perankan, Dalton tidak menggunakan jasa stuntman.

    Pierce Brosnan. Sejak Dalton hengkang, project film James Bond sempat terhenti hampir lima tahun sebelum akhirnya film Goldeneye rilis pada 1995. Selain Goldeneye, Brosnan bermain di tiga film Bond lainnya yaitu Tomorrow Never Dies, The World Is Not Enough dan Die Another Day. Semuanya cukup sukses baik secara komersil maupun kualitas.

    Pun berkat totalitas aktingnya, Brosnan berhasil menumbuhkan kembali Bond mania yang sempat pudar saat diperankan Dalton. Tomorrow Never Dies juga membuat terobosan dengan mengkasting aktris Asia, Michelle Yeoh, sebagai Bond Girl. Pierce Brosnan membuktikan kalau ia termasuk pemeran James Bond terfavorit yang berhasil menyelipkan kemajuan teknologi di tiap aksinya.

    Daniel Craig dianggap sebagai figur James Bond yang paling ‘manusia’. Ia dapat berdarah dan bahkan merasakan sakit hati. James Bond versi Daniel Craig pun menjadi favorit dari Michael G. Wilson, produser franchise agen rahasia flamboyan tersebut.

    Craig berhasil membintangi empat film James Bond yaitu Casino Royal, Quantum of Solace, Skyfall dan Spectre. Dari keempat film ini, pendapatan yang dikumpulkan dari era Craig sekitar 2,5 miliar USD. Atas pencapaiannya tersebut, Craig selalu mendapat honor lebih dari dua kali lipat di tiap filmnya. Namun, belakangan, Craig dikabarkan bakal segera meninggalkan peran yang telah membesarkan namanya.

    (red/urista/urnamasari/NP)

    loading...

    Comments

    comments!