10 Presiden AS yang Diguncang Skandal Seks

196

redaksi.co.id – 10 Presiden AS yang Diguncang Skandal Seks

Berbagai skandal mewarnai sejumlah karier politik pemimpin dunia, tak terkecualipresiden Amerika Serikat (AS).

Mulai dariskandal cinta sesama jenis sampai dengan tuduhan kekerasan seksual yang diduga dilakukan oleh orang nomor satu di Negeri Paman Sam.

Sejumlah kisah mendapat konfirmasi, sementara sebagian lainnya meninggalkan banyak tanda tanya. Entah fakta atau hoax alias kabar bohong belaka.

Berikut 10 skandal yang tercatat dalam sejarah kepresidenan AS seperti dilansir Buzzfeed.

1. James Buchanan

Satu-satunya Presiden AS yang bergelar bujangan seumur hidup , James Buchanan didera skandal yang menyebutkan bahwa ia adalah seorang homoseksual.

Isu yang ramai dibicarakan pada Abad ke-19 itu membuat sosoknya menerima banyak komentar negatif.

Selama 15 tahun, Buchanan konon hidup bersama dengan seorang senator asal Alabama, William Rufus King dan Kepala Kantor Pos AS, Aaron V Brown.

King sendiri mendapat panggilan khusus dari Presiden Andrew Jackson, ‘Miss Nancy’. Kabar lain menyebutkan bahwa King adalah ‘istri’ dari Buchanan.

Tak pernah ada konfirmasi dari Buchanan soal preferensi seksualnya itu.

2. George W. Bush

Presiden ke-43 AS, George W. Bush juga disebut-sebut memiliki skandal seksual.

Seorang perempuan bernama Margie Denise Schoedinger mengajukan gugatan pada George W. Bush atas dugaan penculikan dan kekerasan seksual.

Pada 2003, Schoedinger ditemukan tewas dengan sebutir peluru bersarang di kepalanya. Oleh aparat, korban dinyatakan meninggal dunia karena bunuh diri.

Namun, tak ada kabar soal kelanjutan gugatan tersebut. Entah benar atau isu belaka. Kasus itu juga tak diangkat media-media ternama.

Tak hanya itu, Bush juga diduga menjalani hubungan gelap selama 18 bulan — berakhir pada tahun 1999 — dengan seorang mantan penari telanjang, Tammy Philips.

3. Warren G. Harding

Presiden AS ke-29 Warren G. Harding diduga memiliki affair dengan seorang istri temannya selama 15 tahun. Sebagai presiden, ia dilaporkan terus melanjutkan hubungan dengan Nan Britton — perempuan yang berusia 30 tahun lebih muda dari Harding.

Ia dikabarkan kehilangan keperawanannya oleh Harding pada usia 20 tahun. Britton dilaporkan melahirkan anak haram Harding, Elizabeth Ann.

Harding meninggal dunia pada tahun 1923, rumor yang beredar luas pada saat itu mengatakan ia tewas setelah diracuni sang istri, Florence. Pada tahun 1927, Britton menerbitkan sebuah buku tentang hubungannya dengan presiden.

4. Thomas Jefferson

Hubungan Thomas Jefferson dengan Sally Hemings, budak campuran yang juga merupakan setengah adik (mereka memiliki ayah yang sama) dengan mendiang istrinya — yang memberikannya enam orang anak, tetap menjadi subjek diskusi dan pertentangan beberapa abad kemudian.

Meski pada duda kaya asal Virginia kerap mengambil budak wanita dan menjadikannya sebagai selir, apa yang diduga dilakukan Jefferson dianggap tabu.

5. Dwight D. Eisenhower

Presiden ke-34 AS, Dwight D. Eisenhower diduga berselingkuh dengan sopirnya, Kay Summersby. Enam tahun setelah kematian Eisenhower yang akrab disapa ‘Ike’ itu, Summersby menulis sebuah buku yang memuat kisah perselingkuhan mereka.

Meskipun sejumlah pihak membantah perselingkuhan itu, namun sebuah laporan menyebutkan bahwa Presiden Harry Truman telah mengatakan kepada penulis Merle Miller, pada tahun 1945 bahwa Eisenhower meminta izin dari Jenderal George Marshall untuk menceraikan istrinya demi menikahi Summersby.

Penulis biografi Eisenhower, menulis “Entah apakah ia dan Kay memiliki hubungan. Tapi tidak ada keraguan mereka saling mencintai.”

6. Franklin D. Roosevelt

Franklin D. Roosevelt atau yang biasa disapa FDR dilaporkan memiliki hubungan gelap dengan sekretaris Eleanor Roosevelt, Lucy Mercer.

Hubungan keduanya dimulai pada tahun 1961 ketika istri dan anak-anaknya menikmati liburan musim panas sementara FDR tetap berada di Washington.

Eleanor kabarnya menemukan surat cinta Mercer kepada FDR di dalam sebuah koper. Lalu pada 1918, sang ibu negara mengajukan gugatan cerai, namun pasangan itu tetap bertahan — Eleanor diketahui menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan sosial dan menjaga wibawanya sebagai istri presiden selama sisa jabatan FDR.

7. John F. Kennedy

Mungkin di antara sekian skandal yang menghantam Presiden AS, John F. Kennedy tercatat yang paling banyak memiliki rumor skandal seksualitas.

Sejumlah kabar yang berhembus menyebutkan, ia pernah berkencan dengan Angie Dickinson, Marlene Dietrich, dan Sekretaris Press sang istri, Pamela Turnure.

Tak hanya itu, ia juga disebut sempat mengencani Marilyn Monroe — Kennedy dikabarkan menghabiskan akhir pekan bersama bom seks Hollywood di rumah Bing Crosby pada tahun 1962. Gedung Putih juga beberapa kali mendapat telepon dari aktris AS itu. Direktur FBI, J. Edgar Hoover secara rutin mendapat laporan atas ‘kecerobohan’ Kennedy itu.

Sementara itu, dokter berspekulasi bahwa obat yang diperuntukkan bagi penyakit Addison yang diderita Kennedy memiliki efek samping meningkatkan berahinya.

8. Grover Cleveland

Selama kampanye presiden pada tahun 1884, the Buffalo Evening Telegraph mempublikasi kisah menarik tentang dugaan kekerasan seksual yang melibatkan Presiden Cleveland dengan seorang pramuniaga, Maria Halpin. Korban dikabarkan melahirkan seorang anak.

Rumor menyebutkan, oleh Cleveland, anak itu ditempatkan di sebuah panti asuhan. Sementara Halpin dijebloskan ke rumah sakit jiwa.

Cleveland disebut meminta agar perempuan itu diperlakukan layaknya penderita penyakit mental. Namun klaim bahwa sang presiden melakukan kekerasan seksual masih dipertanyakan sejumlah sejarawan.

9. Bill Clinton

Pada tahun 1997, dunia dikejutkan terkait skandal seks Presiden Bill Clinton dengan seorang pekerja magang Gedung Putih, Monica Lewinsky.

Kasus yang terkenal dengan sebutan ‘Monicagate’ itu disebut-sebut mendatangkan keuntungan bagi Lewinsky — pascakejadian itu ia tampil bak selebriti.

Tak hanya terlibat skandal dengan Lewinsky, namun sejumlah nama perempuan lainnya seperti Paula Jones, Gennifer Flowers, Kathleen Willey, Elizabeth Ward Gracen dan Juanita Broaddrick disebut-sebut sempat dikencani oleh Clinton.

10. Lyndon B. Johnson

Presiden AS ke-37, Lyndon B. Johnson dilaporkan menjalin banyak ‘affair’, termasuk dengan Madeleine Brown yang berlangsung selama 21 tahun. Brown diketahui hamil pada tahun 1950 — sebelum Johnson menghuni Gedung Putih.

Tak lama putra mereka, Steve lahir. John menempatkan Brown dan Steve di sebuah apartemen sementara ia terus membiayai hidup mereka. Sejumlah pihak membantah laporan ini. Namun penulis biografi, Robert Dallek berpendapat lain.

“Ketika orang menyinggung Kennedy yang memiliki banyak ‘affair’, Johnson akan menggebrak meja dan mendeklarasikan bahwa ia memiliki banyak wanita dibanding Kennedy,” ujar Dallek.

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!