Perusahaan Indonesia Pasang Iklan di Google, Pajaknya untuk Siapa?

redaksi.co.id - Perusahaan Indonesia Pasang Iklan di Google, Pajaknya untuk Siapa? Kemajuan zaman telah mengubah wajah perekonomian dunia.Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro, mengatakan kemajuan zaman dalam...

14 0

redaksi.co.id – Perusahaan Indonesia Pasang Iklan di Google, Pajaknya untuk Siapa?

Kemajuan zaman telah mengubah wajah perekonomian dunia.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro, mengatakan kemajuan zaman dalam bentuk perkembangan tekonologi, juga telah mengubah wajah perpajakan.

“Yang makin membuat masalah pajak jadi lebih kompleks, adalah digital ekonomi,” ujar Bambang dalam sambutannya di acara Pembukaan International Conference on Tax, Investment and Business (ICTIB) 2016 And 13th Asia Pacific Tax Forum (APTF), di kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta Pusat, Senin (23/5/2016).

Ia mencontohkan, dengan perkembangan teknologi informasi, pengiklan saat ini lebih tertarik menjajakan produk mereka di dunia maya, ketimbang media konvensional seperti surat kabar maupun televisi.

“Ketika ada iklan perusahaan Indonesia di Google, pajaknya siapa yang berhak? Apakah Indonesia atau di Amerika Serikat, atau tempat Google mengklaim? Masalah pajak jadi multinasional,” katanya.

Pajak saat ini tidak bisa lagi dilihat sebagai urusan domestik, karena perkembangan saat ini menyebabkan modal tidak hanya berpindah instrumen, akan tetapi juga berpindah negara.

Oleh karena itu, dalam forum G20 juga mulai dibahas masalah keuangan makro. Kemudian muncul isu pajak bernama Base Erotion and Profit Shifting (BEPS).

“BEPS ingin menegaskan pajak harus dibayarkan dimana tempat dimana transaksi itu terjadi,” ujarnya.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!