Motor Listrik Light Rider Ini Dibuat Airbus Lewat Cetak 3D

redaksi.co.id - Motor Listrik Light Rider Ini Dibuat Airbus Lewat Cetak 3D Perusahaan pembuat pesawat Eropa, Airbus, meluncurkan sebuah sepeda motor listrik yang terbuat dari partikel...

20 0

redaksi.co.id – Motor Listrik Light Rider Ini Dibuat Airbus Lewat Cetak 3D

Perusahaan pembuat pesawat Eropa, Airbus, meluncurkan sebuah sepeda motor listrik yang terbuat dari partikel paduan aluminium menggunakan printer 3D di Jerman, Jumat pekan lalu. Motor itu memiliki berat 35 kilogram dan mampu berjalan 80 kilometer per jam.

Motor itu diproduksi oleh anak perusahaan Airbus, APWorks, spesialis dalam manufaktur lapisan, menggunakan rangka berongga yang berisi kabel dan pipa. Berat rangkanya hanya 6 kilogram, sekitar 30 persen lebih ringan dari rangka motor konvensional.

Struktur berongga kompleks dan bercabang tidak bisa diproduksi menggunakan teknologi produksi konvensional seperti penggilingan atau las,” kata Kepala Eksekutif APWorks Joachim Zettler, sebagaimana dikutip Daily Mail, akhir pekan lalu.

Perusahaan ini menerima pesanan terbatas untuk 50 sepeda motor, dengan harga US$ 56 ribu (Rp 760 juta), ditambah pajak. Motor ini akan memiliki kisaran jarak tempuh 60 kilometer.

APWorks menggunakan algoritma dalam mengembangkan struktur Light Rider untuk menjaga berat pada tingkat minimal sambil memastikan rangka sepeda motor cukup kuat untuk menangani beban berat dan tekanan dari pemakaian sehari-hari.

Perusahaan membuat program algoritma untuk menggunakan struktur bionik serta proses dan pola pertumbuhan alami sebagai dasar untuk mengembangkan struktur yang kuat namun ringan.

Desain Light Rider mengambil bentuk sepeda motor konvensional, tapi sepertinya relatif jauh dari sepeda motor saat ini. Setiap bagian cetak 3D dari rangka Light Rider diproduksi menggunakan sistem pencetakan laser 3D yang melelehkan jutaan partikel paduan aluminium.

DAILY MAIL | ERWIN Z

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!