Simpanse Ini Gelar Ritual Sakral, Bikin Ilmuwan Takjub

redaksi.co.id - Simpanse Ini Gelar Ritual Sakral, Bikin Ilmuwan Takjub Sebuah rekaman video menunjukkan perilaku aneh yang ditunjukkan simpanse, yang diduga merupakan ritual sakral, seperti beribadah....

15 0

redaksi.co.id – Simpanse Ini Gelar Ritual Sakral, Bikin Ilmuwan Takjub

Sebuah rekaman video menunjukkan perilaku aneh yang ditunjukkan simpanse, yang diduga merupakan ritual sakral, seperti beribadah. Ritual tersebut mengindikasikan bahwa monyet memiliki keyakinan.

Rekaman yang diambil di wilayah Afrika Barat tersebut menunjukkan simpanse sedang memukul dan melemparkan batu ke celah pohon-pohon, dan akhirnya terbentuk sebuah tumpukan. The Independent melaporkan, batu-batu tersebut tidak tampak memiliki tujuan fungsional, tapi mungkin contoh versi awal dari perilaku ritual.

Ilmuwan menjelaskan, mereka melihat simpanse merakit tumpukan batu, hampir sama dengan menara ritual yang dirakit manusia, yang telah ditemukan sepanjang sejarah. Video ini membuat Laura Kehoe, peneliti primata yang mengamati sekelompok simpanse tersebut, merinding dan seakan tidak percaya dengan apa yang dilihatnya.

“Rekaman ini merupakan rekor yang menunjukkan penggunaan batu untuk tujuan lain, selain untuk mencari makan, oleh simpanse,” tulis Kehoe.

Penemuan ini dapat membantu peneliti mempelajari lebih lanjut tentang dasar agama manusia dan ritual. Selain itu, bagaimana kegiatan tersebut terbentuk dalam sejarah umat manusia.

THE INDEPENDENT | YON DEMA

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!