Rahasia Nenek Moyang Manusia: Makan Daging tapi Tak Gemuk

redaksi.co.id - Rahasia Nenek Moyang Manusia: Makan Daging tapi Tak Gemuk Semakin banyak penduduk dunia yang bertambah gemuk, gaya hidup Bart dalam film animasi The Simpson...

33 0

redaksi.co.id – Rahasia Nenek Moyang Manusia: Makan Daging tapi Tak Gemuk

Semakin banyak penduduk dunia yang bertambah gemuk, gaya hidup Bart dalam film animasi The Simpson dianggap sebagai biang keladinya. Namun banyak orang yang menganggap hal itu ganjil karena gaya hidup yang banyak makan daging dan gula itu merupakan warisan genetik dari nenek moyang manusia yang hidup sebagai pemburu dan pengumpul.

Untuk mengetahui apa yang menyebabkan perbedaan itu terjadi, sejumlah ilmuwan dari Yale University di Amerika Serikat meneliti gaya hidup suku Hadza, pemburu-pengumpul modern yang hidup di sabana Tanzania Utara.

“Mengingat tak ada populasi hidup yang merupakan model sempurna spesies kita pada masa lalu, gaya hidup Hadza amat mirip dengan nenek moyang kita pada masa Pleistosen,” kata tim ilmuwan. “Jika pemodelan obesitas masa kini benar, Hadza, dengan pola makan alaminya serta mekanisasi yang terbatas, seharusnya mengeluarkan energi lebih banyak daripada individu di negara Barat yang gaya hidupnya lebih banyak duduk dan memiliki pola makan tinggi gula.”

Namun perbandingan metabolisme dari 30 penduduk Hadza dengan kelompok penduduk dari seluruh dunia mengindikasikan bahwa bukan itu masalahnya. Suku Hadza memang lebih aktif secara fisik ketimbang orang Barat, tapi mereka tidak mengeluarkan energi lebih besar.

Setelah mengukur ukuran tubuh mereka, analisis menunjukkan bahwa rata-rata pengeluaran energi harian suku Hadza tidak berbeda dengan orang Barat. “Hipotesis kami, pengeluaran energi harian manusia mungkin merupakan perkembangan sifat fisiologi yang bebas dari perbedaan budaya,” kata tim ilmuwan dalam laporan yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE . LIVE SCIENCE | PLOS ONE | AMRI MAHBUB

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!