Melihat Pohon Dapat Mengurangi Tingkat Stres

redaksi.co.id - Melihat Pohon Dapat Mengurangi Tingkat Stres Menurut sebuah penelitian baru, alam dapat memberikan dorongan psikologis. Hal itu dapat diartikan alam dapat memberikan suasana hati...

21 0

redaksi.co.id – Melihat Pohon Dapat Mengurangi Tingkat Stres

Menurut sebuah penelitian baru, alam dapat memberikan dorongan psikologis. Hal itu dapat diartikan alam dapat memberikan suasana hati yang berbeda. Bahkan, banyak ilmuwan yang tengah mempelajari dampak alam pada kondisi psikis manusia.

Para peneliti dari University of Illinois dan University of Hong Kong telah merekrut 160 peserta untuk dijadikan survey penelitian. Mereka ditugaskan untuk menyampaikan pidato yang membuat mereka panik maupun stres.

Setelah para peserta kelihatan stres mereka diminta untuk melihat salah sebuah video yang menampilkan pepohonan dari pelbagai sudut selama 10 menit.

Untuk memantau tingkat stres, peserta menjawab tiga kuesioner pada waktu sebelum penelitian dimulai, ketika penelitian berlangsung dan kemudian setelah melakukan penelitian. Hasilnya akan digunakan sebagai data untuk menganalisis hasil tingkat stres mereka.

Dilansir dari laman Scienalert, Senin (16/5) penelitian membawa hasil bahwa melihat banyak pohon akan mengurangi tingkat stres. Berjalan menyusuri jalanan yang banyak terdapat pohon bisa bermanfaat bagi mental seseorang.

“Temuan ini dilaporkan dalam International Journal of International Journal of Environmental Research and Public Health, menyarankan bahwa menjaga beberapa foto tanaman hijau di sekitar meja kerja Anda mungkin bukan ide yang buruk. Ketika peserta melihat gambar alam dalam percobaan, tingkat stres mereka menurun,” kata salah seorang peneliti mengungkapkan.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!