Qualcomm Gandeng Google Buat Android di Dalam Mobil

redaksi.co.id - Qualcomm Gandeng Google Buat Android di Dalam Mobil Qualcomm melalui anak perusahaannya, Qualcomm Technologies Inc, bekerjasama dengan Google dalam sebuah inisiatif untuk membawa sistem...

16 0

redaksi.co.id – Qualcomm Gandeng Google Buat Android di Dalam Mobil

Qualcomm melalui anak perusahaannya, Qualcomm Technologies Inc, bekerjasama dengan Google dalam sebuah inisiatif untuk membawa sistem operasi Android yang ditanamkan langsung dalam mobil menjadi lebih powerful.

“Kombinasi Prosesor Snapdragon Automotive dan Android akan memungkinkan ekosistem otomotif untuk membuat mobil yang terkoneksi dengan internet dan platform hiburan yang mutakhir,” kata Nakul Duggal, vice president product management Qualcomm dalam keterangan tertulisnya, belum lama ini.

“Android sebagai sistem operasi hiburan dalam mobil akan memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk berinteraksi dengan kendaraan mereka melalui cara baru dan menarik,” sambung dia.

Inisiatif tersebut bertujuan untuk membantu para produsen mobil untuk membuat sistem hiburan yang bertenaga dengan menggunakan Android sebagai platform dasar.

Itu akan memudahkan dalam menambahkan layanan dan aplikasi yang terkoneksi dengan internet, dan di saat yang sama juga memberikan pengalaman mengemudi yang lebih aman dan intuitif.

Tujuannya adalah mempercepat inovasi dalam mobil dengan pendekatan yang menawarkan keterbukaan, kustomisasi, dan skala.

“Google berkomitmen untuk membuat Android menjadi sebuah platform yang menggerakkan inovasi di ranah otomotif,” kata Patrick Brady, Director of Android Engineering Google, dalam keterangan tertulisnya

Fungsi-fungsi dari mobil konsep yang didemonstrasikan pada Google I/O menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 820 Automotive untuk mobil-mobil dan hiburan di dalamnya yang terkoneksi dengan internet.

Dengan CPU berdesain khusus dan hemat daya, performa GPU yang menakjubkan, modem LTE X12 yang mampu memberikan kecepatan Cat 12, dan kemampuan memproses video yang unggul, prosesor andalan Qualcomm Snapdragon 820 Automotive memberikan solusi dengan skala yang disesuaikan kepada para produsen mobil yang terkoneksi, pintar, dan awas.

Produsen mobil, pemasok dan pengembang otomotif dapat membuat solusi hiburan dalam mobil yang berbasis Android dengan menggunakan Automotive Development Platforms (ADP) untuk prosesor Snapdragon 820A dan Snapdragon 602A.

ADP yang dapat dibeli melalui Intrinsyc, akan memberikan akses ke dalam platform untuk pengembangan, percobaan, optimalisasi dan menunjukkan solusi hiburan generasi berikutnya.

Dengan menggunakan platform tersebut, OEM, pengembang dan integrator sistem dapat secara signifikan mengurangi waktu dan risiko pengembangan software, dan memulai proses kualifikasi final untuk produksi software lebih awal.

Qualcomm dan Google akan mendemonstrasikan konsep Android dalam mobil yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 820A dalam Sandbox pada acara Google I/O hari ini hingga 20 Mei.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!