Raup Transaksi 652,6 Juta Dolar AS, Indonesia Kebanjiran Order Saus Sambal

redaksi.co.id - Raup Transaksi 652,6 Juta Dolar AS, Indonesia Kebanjiran Order Saus Sambal Indonesia berhasil membukukan transaksi sebesar 652,6 juta dolar AS dalam pameran China International...

32 0

redaksi.co.id – Raup Transaksi 652,6 Juta Dolar AS, Indonesia Kebanjiran Order Saus Sambal

Indonesia berhasil membukukan transaksi sebesar 652,6 juta dolar AS dalam pameran China International Import Expo (CIIE) 2016 di Kunshan, Cina. Di ajang tersebut produk yang kebanjiran order yakni saus sambal dan saus tomat.

Dalam kontrak pembelian, produk saus sambal dan saus tomat dibeli sebanyak 10 kontainer dalam dua bulan ke depan. Produk-produk ini rencananya akan mengisi gerai Olle Supermarket yang mempunyai 50 cabang di Shanghai dan sekitarnya. Produk saus sambal ini juga bakal dijual di Sams Club untuk lima cabang Lotte, serta supermarket lokal di Cina.

“Kami percaya produk Indonesia tak kalah bersaing di pasar utama Tiongkok,” ujar Plt. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdangan Tjahya Widayanti dalam keterangan tertulisnya, Ahad (29/5).

Tjahya mengatakan, produk handicraft kayu dan batu-batuan, kopi luwak, perhiasan, makanan ringan, oil scrub & aromatherapy, biskuit dan wafer, sabun, palm wax, minyak goreng dan margarin juga meraih order dari sekitar 1.500 pengunjung dari berbagai negara. Order tersebut datang dari Singapura, Taiwan, dan Jepang. Menurut Tjahya, pameran CIIE 2016 mampu mendorong ekspor Indonesia ke pasar Cina.

“Dibutuhkan sinergi dan dukungan berbagai pihak agar Indonesia dapat memanfaatkan peluang di Cina untuk meningkatkan ekspor, dan menjadi salah satu negara utama sumber impor mereka,” kata Tjahya.

CIIE 2016 merupakan pameran industri perdagangan bertaraf internasional terbesar untuk produk impor dan didukung penuh pemerintah Cina. Pameran ini diselenggarakan di Huaqiao International Expo Center dan penyelenggaraan kali ini merupakan yang ke-5 kalinya. Menempati area seluas 35 ribu meter persegi, CIIE 2016 diikuti 332 peserta dari 32 negara termasuk Indonesia, Sri Lanka, Korea, India, Jepang, Taiwan, Nepal, Polandia, Hong Kong, Thailand, Vietnam, Makau, Italia, Swedia, Jerman, Amerika Serikat, dan Brasil. Tercatat lebih dari 30 ribu pengunjung lokal dan mancanegara dari Eropa, Asia, Hong Kong, Makau, Taiwan, Amerika, dan Oseania yang hadir pada pameran tersebut.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!