Kemlu: Kelompok Anti-Pembangunan Papua Sebarkan Berita Tak Benar

redaksi.co.id - Kemlu: Kelompok Anti-Pembangunan Papua Sebarkan Berita Tak Benar Kementerian luar negeri menyebut, kelompok antipembangunan Papua telah melakukan hal yang tak benar.Kelompok itu menyatakan, Sekretaris...

35 0

redaksi.co.id – Kemlu: Kelompok Anti-Pembangunan Papua Sebarkan Berita Tak Benar

Kementerian luar negeri menyebut, kelompok antipembangunan Papua telah melakukan hal yang tak benar.

Kelompok itu menyatakan, Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon telah bertemu perwakilan Papua Barat untuk membahas pelanggaran HAM di wilayah tersebut.

Menurut keterangan pers Kementerian Luar Negeri kepada Liputan6.com, kabar tersebut tidak benar. Pasalnya, Juru Bicara Sekjen PBB, Stephane Dujarricmengakui tidak pernah ada laporan yang masuk soal pelanggaran HAM di Papuayang masuk ke PBB.

“Sekjen PBB tidak pernah menerima dokumen apapun terkait laporan HAM Papua,” sebut Dujarric seperti disadur Liputan6.com dari keterangan pers Kemlu.

Dujarric menambahkan, terkait kabar ada pertemuan Sekjen PBB dengan perwakilan Papua Barat, kabar itu juga tak benar. Perundingan yang diisukan berlangsung disela-sela World Humanitarian Summit di Istanbul, Turki, 23-24 Mei 2016, tak pernah ada.

Sebelumnya, tersiar kabar adanya pertemuan Ban dan Kelompok Anti Pembangunan Papua. Kabar tersebuttersebar luas di dunia maya.

Kelompok Anti Pembangunan PapuaBarat yang menamakan diri Asosiasi Lembaga Swadaya Masyarakat Kepulauan Pasifik, itu menyabarkan kabar, mereka menyerahkan laporan berjudul We Will Lose Everything ke Ban pada 25 Mei 2016.

Dalam klaim sepihaknya tak hanya menyerahkan, kelompok ini mengaku sempat mempresentasikan laporannya kepada pria asal Korea Selatan ini.

Kemlu menyatakan mereka menyayangkan aksi penyebaran berita tak benar ini. Lebih memprihatinkan lagi, kesempatan foto bersama Ban yang dilakukan perwakilan kelompok ini, malah dijadikan bukti bahwa laporan telah diserahkan.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!