8 Tips Biar Tabungan Bisa Nambah Sekian Ratus Ribu Rupiah Tiap Bulan

redaksi.co.id - 8 Tips Biar Tabungan Bisa Nambah Sekian Ratus Ribu Rupiah Tiap Bulan Menabung ternyata bukan perkara sepele. Ngaku aja deh. Kalau menabung itu gampang,...

17 0

redaksi.co.id – 8 Tips Biar Tabungan Bisa Nambah Sekian Ratus Ribu Rupiah Tiap Bulan

Menabung ternyata bukan perkara sepele. Ngaku aja deh. Kalau menabung itu gampang, pasti semua orang hidupnya sudah sejahtera yak.

Faktanya kan enggak gitu. Walau sudah diajarkan sejak kecil sama ayah bunda plus guru di sekolah agar gemar menabung, kebiasaan baik itu lenyap di kala dewasa.

Berat banget yak rasanya menyisihkan uang buat nabung. Belum lagi pasang ribuan alibi pembenaran untuk menunda duit ditabung. Mulai dari bilang lagi ada kebutuhan mendesak, biaya hidup mahal, penghasilan yang pas-pasan dan lain sebagainya.

Ternyata alibi pembenaran itu kadang jauh dari kenyataannya. Buktinya masih ada duit buat nongkrong di cafe, bayari teman nonton bareng Ada Apa Dengan Cinta 2 yang lagi hot, sampai ingin punya baju couple biar mesra sama pasangan.

Itu bikin putus asa menabung? Ya jangan dong. Orang putus asa kan dekat dengan setan, hiiii serem.

Jadi gimana dong biar bisa konsisten menabung? Ada resep dokter yang bisa ditebus biar enteng nabung enggak ya? Mau banget dong tabungan bisa nambah.

Kalau mau lihat contoh sikap konsisten, nih Bapak Gubernur DKI Jjakarta, top konsistennya

Enggak usah pakai itu segala, ikutin saja beberapa tips di bawah ini. Cari yang cocok, terapkan, dan lihat hasilnya di kemudian hari.

Tidak adanya rekening terpisah untuk menabung sama saja cari penyakit. Pastinya sulit mengontrol pengeluaran. Dan ini penyakit utamanya karena merasa ada duit lebih di rekening malah menciptakan kehendak ingin menghabiskan.

Ada baiknya pisahkan rekening di mana satu untuk pengeluaran sehari-hari dan satunya lagi khusus untuk tabungan. Oh ya, sebaiknya rekening khusus tabungan itu jangan difasilitasi kartu ATM. Selain hemat karena enggak ada potongan biaya kartu ATM, cara ini membuat duit lebih lama ngendon. Percaya deh.

Buang jauh-jauh konsep menabung itu adalah sisa duit yang tak terpakai untuk disisihkan. Balik paradigmanya. Segera potong sebagian porsi dari gaji untuk ditabung saat masuk rekening. Baru kemudian mesti survive dengan sisa gaji yang ada.

Pasti susahdeh menabung di akhir-akhir bulan menjelang gajian. Yang ada malah gaji tak tersisa karena habis dikonsumsi.

Fasilitas ini bisa dimaksimalkan agar tabungan bertambah tanpa disadari. Misalnya saja tiap tanggal gajian, autodebit langsung bekerja memotong Rp 100 ribu, Rp 300 ribu, Rp 1juta. Anggap saja itu duit hilang.

Biar ada efek kejutannya makin maksi, jangan sering-sering intip saldo rekening tabungan. Bakal ada sensasi kaget yang luar biasa ketika dapat laporan rekening tertulis saldo yang mengendap Rp 1 miliar. Wuuih.

Bank itu punya banyak fasilitas, tanya dong sama mbak-mbak cantik biar kamu makin semangat nabung hehehe

Hayo siapa yang masa kanak-kanaknya suka kumpulin duit baru yang masih kaku dan licin. Rasanya sayang banget ya duit itu untuk dibelanjakan. Eman-eman, gitu kata orang.

Kenapa tidak diterapkan lagi tapi dengan sedikit modifikasi. Misalnya suka sama lembaran duit pecahan Rp 10 ribu karena sesuai dengan warna favorit ungu. Nah, tiap dapat duit Rp 10 ribuan buru-buru deh dicelengin.

Tebalkan isi dompet dengan duit sama saja mendorong gaya hidup boros. Frekuensi buka dompet bakal makin sering karena merasa the have. Lebih baik bawa duit seperlunya untuk sebagai jaga-jaga saja, tak usah dalam nominal besar.

Kalau perlu kartu debit ATM disimpan saja. Kartu itu baru dibawa ketika ada keperluan untuk transaksi sehingga duit lebih aman di rekening.

Arisan itu bukan monopoli ibu-ibu berumur saja, kalian pun bisa menerapkannya. Arisan akan memaksa semua orang yang ikut untuk sisihkan duitnya. Sudah begitu bakal ketahuan kapan giliran dapat uang arisan.

Benefit lain dari arisan adalah memperkuat silaturahmi. Enakkan, menabung jadi enggak begitu berasa kalau pakai arisan.

Kocok-kocok yuuuk, seneng ya kalau nama kita yang keluar, langsung shopping deh, eits nabung aja deh!

Ini bisa jadi trik yang benar-benar memaksa duit untuk ditabung. Cara ini paling pas bagi yang ogah-ogahan dan selalu mengulur-ulur waktu menabung. Ada beberapa produk tabungan berjangka yang memberi iming-iming menarik bagi nasabahnya. Misalnya menabung sekian rupiah selama 2 tahun gratis gadget, laptop dan sebagainya.

Menetapkan tujuan menabung sebenarnya lebih sebagai pendorong atau motivator agar segera punya tabungan dengan jumlah sekian di waktu tertentu. Contohnya ingin traveling ke Raja Ampat di tahun depan, hura-hura di Jepang dua tahun lagi, dan lain sebagainya.

Bisa juga tujuan menabung untuk uang muka kredit rumah, kredit mobil, dan lain sebagainya. Dengan adanya tujuan ini membuat disiplin menabung jadi kuat karena bakal diganjar terealisasinya tujuan yang ditetapkan.

Tak perlu semua tips itu diterapkan. Pilihlah mana yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan. Satu hal yang perlu dipercayai, manfaat menabung itu suatu keniscayaan. Bahkan bisa pula menjadi dana darurat di kemudian hari.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!