Strategi Atur Uang bagi Mahasiswa

redaksi.co.id - Strategi Atur Uang bagi Mahasiswa Menjadi seorangmahasiswa dan berada jauh dari rumah, tentu akan membuat Anda menjadi seseorang yang lebih mandiri dan juga lebih...

22 0

redaksi.co.id – Strategi Atur Uang bagi Mahasiswa

Menjadi seorangmahasiswa dan berada jauh dari rumah, tentu akan membuat Anda menjadi seseorang yang lebih mandiri dan juga lebih perhitungan.

Uang akan diberikan bulanan oleh orang tua dan kamu harus mampu mengelolanya dengan baik dan secerdas yang kamu bisa. Hal yang paling utama adalah mencukupkannya, benar bukan?

Bukan perkara mudah untuk mengelola keuangan, akan selalu ada banyak alasan mengapa uang bulanan habis di tengah jalan, bahkan seringkali di saat kiriman berikutnya masih jauh dari kata datang.

Saat hal seperti ini terjadi, maka akan ada banyak masalah, masalah yang paling kecil hingga yang kekurangan makan. Namanya juga mahasiswa, terkadang tidak punya perhitungan saat mengeluarkan uang.

Kamu tentu tidak ingin selalu bermasalah dengan keuangan bukan? Simak beberapa poin di bawah ini sebagai solusinya

1. Susun Anggaran Bulanan dengan Cerdas

Mulailah menyusun sebuah anggaran keuangan bulanan, hal ini akan mempermudah kamu dalam mengelola keuangan. Pisahkan semua pos pengeluaran dan tempatkan sejumlah dana dengan tepat. Utamakan pos kebutuhan pokok, seperti: biaya makan, biaya kos, biaya transportasi.

Namun di luar semua pos tersebut, selalu utamakan untuk menyisihkan sejumlah uang dalam persentase tertentu (misalnya 10 persen) sebagai dana tabungan. Dana ini akan sangat berguna sebagai dana darurat, jika sewaktu-waktu ada masalah di dalam keuangan atau ketika uang bulananmu terlambat datang.

2. Patuhi Anggaran Secara Konsisten

Ketika kita membuat sebuah perencanaan, maka akan sangat tidak berguna jika semua rencana tersebut tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Setelah menyusun anggaran keuangan dengan cerdas, maka pastikan kamu melaksanakannya dengan disiplin dan juga berkomitmen.

Jangan melakukannya setengah-setengah, kamu hanya akan mendapatkan hasil yang maksimal jika mematuhi semua anggaran yang telah disusun. Selalu lakukan pengecekan secara berkala, agar anggaran tersebut memang benar-benar bisa dijalankan dengan tepat. Awalnya hal ini mungkin akan terasa sulit, namun setelah menjalankannya, semuanya akan lebih mudah untuk dijalani.

3. Pisahkan Dana Tabungan dan Kebutuhan

Jangan pernah mencampur adukkan uang tabungan dengan uang lain yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhanmu.

Segera pisahkan sejumlah dana tabungan setelah kamu mendapatkan uang bulanan, gunakan rekening tersendiri untuk dana tersebut. Hal ini akan mencegahmu untuk selalu menggunakan dan tidak sengaja menghabiskannya.

4. Hemat dan sehat

Ketika jauh dari rumah, maka akan sangat penting bagimu untuk menjaga kesehatan dan memiliki pola hidup teratur. Jangan biasakan makan di sembarang tempat, termasuk membeli jajanan dan berbagai camilan lainnya. Jalanlah di sekitar kampus atau tempat tinggalmu dan temukan tempat makan yang bersih, murah, dan menyajikan berbagai makanan sehat.

Menjaga kesehatan sepanjang waktu juga sama dengan berhemat, artinya kamu tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya berobat dan mendapatkan perawatan karena sakit.

Sakit hanya akan membuat Anda memboroskan banyak hal, termasuk waktu dan juga uang. Untuk itu, selalu biasakan hidup sehat dan makan secara teratur di tempat makan yang semestinya.

5. Hindari Utang

Utang akan menjadi sebuah beban bagi keuangan, jadi selalu pastikan kamu tidak pernah memulainya di dalam hidup. Hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang sulit dihilangkan, di mana ketika kamu mulai berani berutang kepada orang lain, maka kamu tidak akan sungkan untuk melakukannya kembali.

Kamu akan memiliki sejumlah alasan untuk selalu mengeluarkan uang dan menganggap berutang adalah solusi ketika kamu kehabisan uang di tengah bulan.

Hindari utang dan selalu cukupkan uang bulananmu untuk berbagai hal yang menjadi kebutuhanmu dalam sebulan. Tabungan juga bisa membantumu dalam menghindari utang, karena itu selalu sisihkan sejumlah uang untuk ditabung setiap bulan.

6. Kumpulkan Koinmu

Jangan sepelekan koin dan membiarkannya berserakan tidak rapi di dalam kamar. Koin bisa menjadi sejumlah uang yang besar, jika kamu mengumpulkannya dan menyimpannya dengan benar.

Belilah celengan yang menarik, atau kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan sesuka hatimu dari berbagai bahan yang mudah didapatkan.

Kumpulkan setiap koin yang kamu miliki di dalamnya, ketika celengan tersebut penuh maka kamu bisa menukarkannya dengan uang kertas, atau memasukkannya ke dalam rekening tabungan.

7. Manfaatkan Waktu

Jika kamu memiliki cukup banyak waktu luang, maka kamu bisa memanfaatkan itu untuk mendapatkan uang. Ada banyak pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu pilih, di mana dengan mudah kamu bisa mendapatkan uang. Seperti menjadi guru les, freelancer, dan lainnya. (Ahm/Ndw)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!