Berapa Kali Anda Cek Smartphone Sehari? Ini Hasil Risetnya

redaksi.co.id - Berapa Kali Anda Cek Smartphone Sehari? Ini Hasil Risetnya Gawai canggih seperti tablet dan telepon pintar alias smartphone menjadi barang yang selalu dibawa sebagian...

22 0

redaksi.co.id – Berapa Kali Anda Cek Smartphone Sehari? Ini Hasil Risetnya

Gawai canggih seperti tablet dan telepon pintar alias smartphone menjadi barang yang selalu dibawa sebagian besar orang saat ini. Membaca surat elektronik dan chat , memesan barang, hingga membaca berita terkini bisa dilakukan melalui gadget tersebut.

Masalahnya, terlalu sering mengecek dan melihat isi smartphone ternyata mengurangi durasi atensi seseorang terhadap lingkungan sekitar. Para pengguna smartphone dihujani beragam informasi sepanjang waktu.

Menjelang tidur sekalipun, para pemilik smartphone masih melihat-lihat isi dan notifikasi yang muncul. Studi yang dilakukan Nottingham Trent University menyatakan setiap orang rata-rata memeriksa ponsel mereka 85 kali dalam sehari.

Orang bisa menghabiskan waktu rata-rata lima jam per hari untuk berselancar di Internet dan memakai aplikasi smartphone mereka. Saat berolahraga, misalnya berlari, sebagian besar orang masih membawa smartphone untuk mengecek jadwal dan rute sambil mendengarkan lagu yang disimpan di dalamnya.

Pada 2000, durasi atensi manusia terhadap lingkungan sekitarnya rata-rata mencapai 12 detik. Survei yang dilakukan Microsoft menyebutkan seringnya menggunakan smartphone mengurangi durasi atensi menjadi delapan detik.

Christopher Deline, ahli saraf dari Buffalo General Hospital, mengatakan penurunan tingkat atensi dipengaruhi banyaknya informasi yang diakses para pengguna smartphone . Tak ada tanda kondisi ini bakal berhenti, kata Deline.

Meski membuat seseorang kurang fokus terhadap hal di sekitarnya, kondisi ini tidak selamanya buruk. Menurut dia, hal tersebut menjadi contoh bagus mengenai tingkat elastisitas otak. Menarik bisa mengamati bagaimana otak kita beradaptasi ketika lingkungannya berubah, ujar Deline. NEWS10 ABC | THE TELEGRAPH | GABRIEL WAHYU TITIYOGA

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!