Cara Atur Uang Agar Bisa Kaya Saat Pensiun

redaksi.co.id - Cara Atur Uang Agar Bisa Kaya Saat Pensiun Muda berjaya, tua bahagia dan kaya raya. Idealnya kalimat itu jadi mimpi bagi semua orang.Pensiun adalah...

24 0

redaksi.co.id – Cara Atur Uang Agar Bisa Kaya Saat Pensiun

Muda berjaya, tua bahagia dan kaya raya. Idealnya kalimat itu jadi mimpi bagi semua orang.Pensiun adalah saat kita berhitung ulang terhadap gaya hidup.

Maklum, penghasilan tetap yang tidak ada lagi tiap bulannya akan memaksa kita untuk mengubah pola konsumsi.

Bila tidak, harta kekayaan yang sudah dikumpulkan akan menguap dengan cepat. Bisa-bisa kamu justru mengalami kebangkrutan di usia yang sudah tak produktif lagi. Tentu kamu tidak ingin kan mengalami hal seperti ini.

Nah, berikut ini ada sejumlah tip mengatur uang yang cocok dilakukan oleh para pensiunan yang dikutip dariCekAja.com. Caranya mudah dan efektif bila kamu benar-benar mematuhinya.

Downsizing rumah

Tanpa disadari rumah bisa menjadi beban di masa pensiun. Rumah yang besar tentu membutuhkan biaya perawatan yang besar.

Coba hitung berapa orang pembantu rumah tangga (PRT) yang harus kamu gaji bila ukuran rumahmu besar. Tentu di masa tua kamu tidak akan sanggup lagi merawat rumah sendirian.

Selain itu, pajak yang dibayar untuk rumah juga tidak murah. Nah, agar rumah tidak menguras tabungan pensiunmu, sebaiknya lakukan downsizing alias memperkecil ukuran rumah.

Caranya, bila dirasa terlalu besar, kamu bisa menjual rumah dan pindah ke tempat yang lebih kecil.

Sesuaikan hobi dengan penghasilan

Bila saat masih aktif bekerja kamu memiliki banyak hobi mewah seperti berkuda, koleksi mobil mewah atau koleksi tas mahal, sebaiknya hentikan hobi tersebut dan alihkan pada hobi yang sesuai dengan kondisi keuangan.

Lagi pula, di usia tua hobi seperti berkuda atau koleksi mobil mewah akan mubazir. Toh kamu tidak akan sanggup lagi berkuda atau tidak akan kuat lagi konvoi mobil antik bersama teman-teman satu klub.

Ganti kendaraan

Masih berkaitan dengan hobi mobil antik, asal kamu tahu saja biaya perawatan dan asuransi mobil justru semakin mahal untuk mobil dengan usia tua.

Daripada tabungan pensiunmu habis hanya untuk merawat mobil yang memang sudah tak prima lagi, tidak ada salahnya mengganti mobil dengan tipe yang sesuai kantong.

Kalau bisa cari juga mobil yang irit bensin dan punya mesin terkenal bandel. Bila ingin mencari mobil yang cocok untuk semua usia, di sini tempatnya

Jual barang bekas

Coba lihat lagi barang-barang mewah yang kamu koleksi semasa masih aktif bekerja. Tentu masih banyak yang bagus karena semuanya kamu rawat dengan baik. Namun, coba pikirkan lagi apakah semua barang itu masih punya manfaat sama untukmu sekarang.

Bila tidak, kamu harus segera menyortirnya. Coba jual barang-barang tersebut secara online atau garage sale. Siapa tahu barang tersebut bisa terjual dan kamu bisa menambah saldo tabungan pensiun lebih besar lagi.

Bikin bisnis

Ternyata toko online atau garage sale yang kamu buat sukses menarik perhatian pembeli. Bila memang demikian, tidak ada salahnya menjadikan bisnis ini sebagai lahan penghasilan yang baru.

Hitung-hitung mengisi waktu pensiun yang cukup luang, aktivitas ini bisa menjaga kamu lebih aktif hingga bisa tetap sehat meski sudah tidak muda lagi. (Ndw/Gdn)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!