Xavi: Guardiola Mampu Mengubah Wajah Sepak Bola Inggris

redaksi.co.id - Xavi: Guardiola Mampu Mengubah Wajah Sepak Bola Inggris Mantan pemain Barcelona, Xavi Hernandez percaya Josep Guardiola mampu memberikan perubahan di Liga Inggris. Musim 2016/17,...

31 0

redaksi.co.id – Xavi: Guardiola Mampu Mengubah Wajah Sepak Bola Inggris

Mantan pemain Barcelona, Xavi Hernandez percaya Josep Guardiola mampu memberikan perubahan di Liga Inggris. Musim 2016/17, Pep meninggalkan Bayern Muenchen menujuManchester City.

Menurut pemain jebolan Akademi La Masia tersebut, Guardiola bakal memberikan warna baru bagi sepak bola Inggris yang selama ini terkenal dengan sebutan kick n’rush. Sentuhan permaian tiki taka khas Spanyol khas Guardiola, menurut Xavi membuat Liga Inggris bakal lebih kompetitif dan semakin menarik.

“Sekarang menjadi kesempatan bagus bagi dia bersama Mancehester City. Saya percaya, dia mampu mengubah wajah sepak bola Inggris,” kata Xavi yang kini memperkuat klub asal Qatar, Al Sadd ini.

Xavi sempat merasakan tangan dingin Guardiola. Bersama Guardiola, Xavi mampu melengkapi koleksi gelar juara di Barcelona. Dalam rentang 2008 hingga 2012, Guardiola mampu merebut 14 trofi.

Guardiola sejatinya bisa meninggalkan Muenchen dengan menepuk dada. Ya, selama tiga musim menangani FC Hollywood, pelatih yang juga mantan pemain Barcelona itu tidak pernah absen memberikan trofi Bundesliga masing-masing musim 2013-14, 2014-15, dan 2015-16.

Selain dari segi permainan, Guardiola pun sanggup mengubah mental para pemain. Dia menilai City beruntung bisa mendapatkan jasa pelatih berusia 45 tahun ini.

“Bila ada orang yang bisa mengubah mental, dia adalah Guardiola. Melatih City merupakan kesempatan besar meskipun tekanannya bakal sangat hebat; karena semua orang berharap banyak pada Guardiola.”

“Tidak perlu diragukan lagi, dia merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia sekarang,” ujar Xavi menambahkan.

Menarik ditunggu bagaimana kiprah Guardiolabersama tim barunya. Terlebih, Guardiolakemungkinan besar bakal kembali bersua dengan Jose Mourinhoyang digadang-gadang menggantikan posisi LouisVan Gaalsebagai pelatih baru ManchesterUnited, rival sekota City.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!